Melalui Program Swadaya, Gojek di Sumatera Konsisten Ringankan Beban Harian Para Mitra Gojek

Gojek terus berkomitmen berikan dampak sosial secara langsung bagi ekosistemnya, terutama mitra Gojek melalui Program Swadaya.

Editor: Ismail
Dok. Gojek
Gojek terus berkomitmen berikan dampak sosial secara langsung bagi ekosistemnya, terutama mitra Gojek melalui Program Swadaya. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebagai super-app terdepan di Asia Tenggara, Gojek terus berkomitmen untuk memberikan dampak sosial secara langsung bagi ekosistemnya, terutama mitra-mitra Gojek. Melalui Program Swadaya yang bertujuan meringankan beban harian dan biaya operasional para mitranya, Gojek terus berupaya mendorong para mitra bisa memberikan layanan yang terbaik bagi para pelanggan.

Program Swadaya di Medan

Di Kota Medan, Gojek menggelar Program Swadaya Maintenance bekerjasama dengan PT Indako Trading Coy sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek Honda motor di kota Medan untuk memberikan layanan perawatan kendaraan bermotor roda dua melalui pemberian potongan harga sebesar 5 persen untuk harga suku cadang dan 30 persen untuk jasa biaya perawatan. Program ini telah dilaksanakan oleh Gojek sejak bulan September silam.

Salah satu mitra Gojek di kota Medan, Adi Chandra, yang merasakan manfaat Program Swadaya Maintenance ini menyampaikan apresiasinya, karena inisiatif ini membuatnya lebih nyaman dan tenang dalam bekerja karena kondisi kendaraannya yang prima.”Menurut saya, program ini sangat membantu karena saya sering service rutin di Honda, dengan adanya potongan ini biaya service lebih murah dan ditambah pembayarannya sudah bisa pakai GoPay sehingga driver yang tidak membawa uang cash bisa menggunakan saldo GoPaynya,” jelas Adi.

Program Swadaya di Palembang

Program Swadaya serupa juga dilakukan di kota Palembang. Melalui kerjasama dengan PT Gratia Plena Mas sebagai salah satu Agen Pemegang Merek Honda motor di kota Palembang, Gojek memberikan potongan harga istimewa bagi para mitra untuk melakukan perawatan kendaraan bermotor mereka. Program ini telah digelar sejak bulan September silam, yaitu tanggal 13 dan 14 September serta 28 dan 29 September. Program ini akan kembali digelar di bulan Oktober ini.

Selama Program Swadaya Maintenance berjalan, para mitra di Palembang bisa mendapatkan potongan harga servis lengkap dari Rp 80.000 menjadi Rp 45.000, lalu servis lengkap dan ganti oli untuk kendaraan di bawah 125 cc hanya dengan Rp 99.000 dari harga awal Rp 134.000, sementara untuk motor di atas 125cc bisa melakukan servis lengkap dan ganti oli hanya dengan Rp 150.000 dari harga normal Rp 190.000.

Salah satu mitra Gojek di Palembang, Ahmad Luary, yang sudah menjadi mitra sejak 2017 silam mengaku terbantu dengan program ini. “Saya sejujurnya merasa terbantu dengan adanya Program Swadaya Maintenance atau bengkel ini, karena mempermudah saya untuk merawat kendaraan saya, dan potongan harga melalui kerjasama dengan GPM Honda ini juga meringankan saya. Ke depannya saya berharap program-program seperti ini biasa terus ada, agar bisa meringankan biaya operasional kami secara konsisten,” ungkap Ahmad.

Program Swadaya Maintenance Gojek 2
Gojek terus berkomitmen berikan dampak sosial secara langsung bagi ekosistemnya, terutama mitra Gojek melalui Program Swadaya.

Program Swadaya di Batam

Program Swadaya juga berjalan di Kota Batam. Gojek di Kota Batam bekerjasama dengan SPBU Kurnia Djaja Alam di Kota Batam memberikan antrian khusus kepada para mitra Gojek di kota Batam agar tidak mengalami antrian panjang dalam mengisi BBM dan memberikan waktu tunggu yang lebih singkat kepada para mitra Gojek. Program jalur khusus ini mulai berjalan sejak bulan Oktober 2022 ini.

Program lain yang juga berjalan adalah Program Kantin Swadaya yang bekerjasama dengan 18 mitra usaha GoFood di Kota Batam untuk memberikan paket harga khusus makanan kepada mitra-mitra Gojek di Batam dengan lebih murah. Program ini sendiri sudah berjalan sejak bulan Juli 2022 silam, dan masih terus berjalan sampai saat ini.

Salah satu mitra roda dua Gojek, Albeth Leo menyampaikan,”Sejauh ini Gojek telah banyak memberikan bantuan melalui berbagai program yang berjalan di Batam. Semua yang berjalan sejauh ini saya rasakan cukup meringankan pengeluaran dan biaya operasional saya sehari-hari sebagai mitra Gojek roda dua. Saya terus mendukung program serupa bisa terus berjalan, karena hal ini tentu membuat saya bisa menjalankan pekerjaan saya dengan lebih baik.”

Diluncurkan Sejak 2016 Untuk Meringankan Beban Harian Mitra

Sejak diluncurkan pada 2016 lalu, Program Gojek Swadaya telah memberikan dampak positif bagi para mitra driver. Program tersebut mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari mitra driver Gojek di wilayah Sumatera. Sudah ribuan mitra driver di Palembang, Medan dan Batam serta berbagai kota lain di Region Sumatera yang memanfaatkan program Gojek Swadaya. Ragam inisiatif di Gojek Swadaya diutamakan untuk:

  • Meringankan beban operasional mitra driver melalui pulsa murah, diskon perawatan kendaraan, subsidi belanja harian, dan paket makan murah.
  • Melindungi mitra driver melalui berbagai program asuransi tambahan menyeluruh menyuruh untuk mitra dan keluarga, di antaranya perlindungan kecelakaan, kesehatan dan aset mitra (hand phone, kendaraan, dan atribut). Ini diluar dari asuransi kecelakaan kerja yang gratis ditanggung Gojek bila mitra driver mengalami kecelakaan saat membawa penumpang.
  • Menyediakan akses untuk dapat merencanakan dan mengelola keuangan dan masa depan dengan baik melalui program tabungan, pinjaman, dan cicilan KPR terjangkau.

Vice President Gojek wilayah Sumatera, Erika Agustine mengatakan, “Sebagai super-app pilihan utama masyarakat Indonesia, Gojek terus memberikan solusi bagi semua pihak yang ada di dalam ekosistemnya untuk hidup lebih baik. Fokus kami pada kesejahteraan mitra tidak hanya terbatas pada inovasi yang kami lakukan pada platform kami. Kami percaya bahwa meringankan beban harian dan biaya operasional para mitra sehari-hari akan memberikan dampak positif bagi mitra, sehingga mereka bisa menyisihkan pendapatan lebih banyak untuk dibawa pulang.”

Adapun ragam inisiatif bermanfaat dari program Gojek Swadaya dapat terealisasi melalui dukungan banyak pihak, di antaranya melalui kerja sama dengan mitra-mitra perusahaan dan biaya jasa aplikasi yang dibayarkan oleh pelanggan Gojek.

(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved