News Video

Dinas Kesehatan Dairi Edarkan Surat Larangan Sementara Jual Obat Sirup

Dinas Kesehatan Dairi akan menerbitkan surat edaran kepada para apotek untuk tidak menjual secara bebas obat berbentuk sirup kepada masyarakat

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Fariz

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Dinas Kesehatan Dairi akan menerbitkan surat edaran kepada para apotek untuk tidak menjual secara bebas obat berbentuk sirup kepada masyarakat.

Hal itu berdasarkan instruksi Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia yang menginstruksikan kepada apotek untuk sementara menyetop penjualan obat dalam bentuk sirup.

"Kami akan terbitkan surat edaran, untuk tidak menjual secara bebas obat - obat yang berbentuk cairan, " Ujar Kepala Dinas Kesehatan, Dokter Henry Manik, Rabu (19/10/2022).

Dikatakannya, sampai saat ini pihak Dinas Kesehatan Dairi bersama Dinas Kesehatan Provinsi sedang melakukan penyelidikan, manakala ada kasus gagal ginjal akut yang terkonfirmasi di Kabupaten Dairi.

"Sementara ini, kami melakukan kordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi, untuk melakukan penyelidikan etimologi, manakala ada kasus tersebut, " Terangnya.

Dirinya pun menegaskan bahwa sampai saat ini belum ditemukan adanya balita yang terkonfirmasi penyakit tersebut.

Akan tetapi, dirinya akan meminta kepada pihak rumah sakit dan puskesmas, untuk mengkonfirmasi apabila ditemukan kasus tersebut.

"Untuk saat ini di Dairi belum ada. Tetapi, kami akan menyurati pihak RSUD Sidikalang dan puskesmas, akan kami surati perihal apabila ada kasus tersebut agar segera membuat laporan. Jadi kita akan membuat penyidikan etimologis secara lanjut, " Tegasnya.

Dirinya pun menghimbau kepada orang tua agar memberikan obat sembarangan khususnya kepada anak usia 0 sampai 6 tahun.

"Harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ataupun dengan tenaga kesehatan, untuk mengkonsumsi obat apa yang aman diberikan kepada anak usia 0 sampai 6 tahun, " Tandasnya.

(cr7/www.tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved