Breaking News:

Polres Palas

Dua Pengedar Sabu Tak Berkutik saat Ditangkap Polres Palas

Satres Narkoba Polres Padanglawas (Palas) meringkus dua tersangka pengedar narkoba jenis sabu di daerah Desa Aliaga, Kamis (20/10/2022) sekitar pukul

Istimewa
Satres Narkoba Polres Padanglawas (Palas) meringkus dua tersangka pengedar narkoba jenis sabu di daerah Desa Aliaga, Kamis (20/10/2022) sekitar pukul 14.00 WIB. 

Dua Pengedar Sabu Tak Berkutik saat Ditangkap Polres Palas

TRIBUN-MEDAN.com, PALAS - Satres Narkoba Polres Padanglawas (Palas) meringkus dua tersangka pengedar narkoba jenis sabu di daerah Desa Aliaga, Kamis (20/10/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kedua tersangka, ARH (19) dan AB (32) merupakan warga Desa Aliaga, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas.

Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan membenarkan penangkapan kedua pelaku pengedar sabu tersebut.

Menurutnya, penangkapan itu berawal dari informasi masyarakat yang merasa resah akibat tindak-tanduk kedua pelaku yang selama ini diduga mengedar narkoba, dan mengancam keselamatan generasi muda di wilayah itu.

"Penangkapan dua tersangka penyalahgunaan narkoba jenis sabu (terduga sebagai bandar) di dua desa daerah Kecamatan Hutaraja Tinggi itu berawal dengan adanya informasi dari masyarakat bahwa kedua tersangka memiliki, menguasai narkotika jenis sabu. Personil Narkoba Polres Padanglawas mendapatkan informasi dari masyakarat yang dapat dipercaya bahwa di Desa Aliaga, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Palas, tepatnya di perkebunan milik masyarakat sering terjadi transaksi narkotika jenis sabu," kata AKBP Indra Yanitra Irawan, Jumat (21/10/2022).

Selanjutnya, Indra menjelaskan, di lokasi yang telah disebutkan masyarakat ini, petugas kepolisian berhasil mengamankan seorang remaja yang diduga sebagai pelaku pengedar narkoba jenis sabu.

"Dan berdasarkan informasi tersebut pada pukul 14.00 WIB, Brigadir Hotman Iskandar Harahap melakukan undercover buy dan berhasil menangkap seorang laki-laki yang diketahui berinisial ARH di Desa Aliaga, kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Palas, tepatnya di perkebunan milik masyarakat sedang melakukan transaksi narkotika jenis sabu," jelas pria dengan melati dua dipundaknya ini.

Dari tersangka ARH petugas berhasil menyita barang bukti berupa sebuah plastik klip berisi sabu, ponsel merk vivo berwarna silver serta uang tunai senila Rp 300 ribu. Pun begitu, saat dilakukan tes urine terhadap ARH, dirinya negatif mengonsumsi narkoba jenis sabu.

"Dan dari tangan kiri tersangka diamankan barang bukti berupa satu buah plastik klip transparan yang di dalamnya diduga berisikan narkotika jenis sabu, 1 unit HP android merk vivo warna silver, uang tunai sebesar Rp 300.000. Dan tersangka mengakui barang bukti yang ditemukan tersebut adalah miliknya, tersangka beserta barang bukti yang ditemukan diamankan ke Satresnarkoba Polres Padanglawas untuk guna dilakukan proses lanjut," sebut Indra.

Tak hanya ARH, petugas juga mendapat informasi penting lainnya terkait tindak pidana peredaran narkotika. Informasi itu menyebutkan jika ada salah seorang warga di kecamatan yang sama dan kerab melakukan transaksi narkoba. Dari sana, pihak kepolisian pun berhasil meringkus tersangka lain, yakni AB.

Dari tangan AB, petugas berhasil mengamankan narkotika jenis sabu dengan berat total 4,59 gram, juga uang tunai senilai Rp 100 ribu.

"Seterusnya juga menindaklanjuti informasi dari masyarakat yang dapat dipercaya bahwa tersangka pengedar saudara AB sering melakukan transaksi narkotika jenis sabu di Desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas. Setelah mendapatkan informasi tersebut, personil Satres Narkoba Polres Padanglawas melakukan pengintaian dan kemudian berhasil mengamankan tersangka beserta barang bukti berupa satu bungkus plastik klip transparan besar dan 3 tiga bungkus plastik klip transparan kecil diduga berisikan narkotika jenis sabu seberat 4,59 gram," tutur Indra.

Atas perbuatannya, tersangka ARH dan AB kini telah menjalani masa tahanannya di RTP Polres Padanglawas, untuk kemudiannya akan diadili sebagaimana dalam Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

(akb/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved