Breaking News:

Dairi Memilih

KPU Dairi Bersama KPU Sumut Datangi Pelosok Desa, Lakukan Verifikasi Faktual Anggota Parpol

KPU Sumut bersama KPU Dairi melaksanakan verifikasi faktual keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024 hingga ke pelosok desa.

TRIBUN-MEDAN.com, DAIRI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut bersama KPU Dairi melaksanakan verifikasi faktual keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024 hingga ke pelosok desa.

KPU Sumut dan KPU Dairi melaksanakan verifiikasi faktual di Desa Bakal Julu Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi, Kamis (27/10/2022).

"Kami dari KPU Sumatera Utara Melakukan monitoring terkait dengan apa yang dilakukan teman teman yang ada di kabupaten Dairi, untuk melakukan agenda verifikasi faktual keanggotaan partai politik," ujar Kepala Divisi SDM organisasi dan Litbang KPU Sumut, Mulia Banurea, Kamis.

Baca juga: KPU Deliserdang Sudah Selesaikan 50 Persen Verifikasi Faktual Anggota Parpol, Ini Temuan Sementara

Dalam kegiatan tersebut, petugas KPU mendatangi rumah-rumah anggota partai politik untuk dilakukan pengecekan kesesuaian berupa KTP dan/atau KK, Kartu Tanda Anggota (KTA) partai politik.

Setelah dilakukan pencocokan, maka anggota partai politik tersebut akan ditanyakan kebenaran keanggotaannya sesuai data keanggotaan partai yg ada di Sipol (Sistem Informasi Partai Politik).

Mulia mengungkapkan, kegiatan verifikasi faktual keanggotaan partai politik akan berakhir pada 4 November 2022 mendatang

Setelah itu KPU kabupaten/kota akan melakukan pleno untuk disampaikan kepada KPU Provinsi melalui Sipol.

Baca juga: KPUD Karo Lakukan Verifikasi Faktual Anggota Parpol dengan Tiga Tahapan

"Setelah itu kami (KPU Propinsi) akan melakukan pleno dimana berita acaranya akan di upload lagi melalui sipol  ke KPU RI, dan KPU RI lah yang akan menetapkan hasil verifikasi faktual ini, terangnya.

Mulia pun menuturkan bahwa KPU provinsi dan KPU kabupaten sifatnya hanya membantu KPU Pusat untuk untuk proses Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik peserta pemilu 2024 mendatang.

"Apa yang kami lakukan ini adalah tugas dari KPU RI, Kami hanya di minta bantu  KPU RI, untuk melakukan verifikasi faktual keanggotaan, dan kami di awasi oleh pimpinan pimpinan Bawaslu kabupaten Dairi, sehingga proses ini berjalan dengan lancar," pungkasnya. 

(cr7/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved