Breaking News:

Implementasi ESG Semakin Terdepan, BRI Berhasil Raih Predikat Leadership AAA

BRI berhasil meraih penghargaan Leadership AAA dalam ESG Disclosure Awards 2022 sebagai bukti implementasi ESG BRI yang semakin terdepan.

Dok. BRI
Ilustrasi penggunaan Aplikasi BRI. 

TRIBUN-MEDAN.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berhasil meraih predikat Leadership AAA (Triple A) pada ajang ESG Disclosure Awards 2022 yang diselenggarakan oleh B Universe dan Bumi Global Karbon (BGK).

Adapun pencapain yang berhasil diraih ini menjadi bukti nyata bahwa BRI sebagai perseroan yang unggul dalam penerapan environmental, social, dan governance (ESG) atau tata kelola yang baik.

Konsistensi dalam penguatan implementasi ESG membuat predikat BRI mengalami peningkatan yang sebelumnya Leadership A pada 2021 menjadi Leadership AAA pada 2022.

Terdapat 33 parameter yang dinilai dalam ajang ESG Disclosure Awards 2022 yang berlandaskan pada studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar pedoman pelaporan atau sustainability report.

Adapun parameter tersebut, yaitu kriteria faktor ESG unggulan dari Pasar Modal The Nasdaq Helsinki, kerangka kerja dan ketentuan Task Force on Climate-Related Financial Disclosures (TCFD) serta Carbon Disclosure Prjoect (CDP).

Faktor-faktor tersebut nantinya akan sangat mempengaruhi sustainability reporting perusahaan dan cara menjaga operasi bisnis yang sustainable.

Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto mengatakan, BRI akan senantiasa melakukan berbagai terobosan untuk mencapai aspirasi perseroan menjadi “The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion”.

Selain itu, lanjut Ahmad, BRI turut serta berkontribusi aktif dalam mendukung target pemerintah, di antaranya target pencapaian 90 persen inklusi keuangan Indonesia tahun 2024 serta Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia 2030.

Kemudian, target penurunan emisi karbon sebesar 31,89 persen dengan usaha sendiri dan 43,20 persen dengan dukungan internasional sebagaimana ditetapkan dalam Enhanced Nationally Determined Contribution (ENDC) Indonesia.

“BRI sangat concern terhadap implementasi ESG, terutama untuk sustainability perusahaan ke depannya, sehingga penghargaan yang didapatkan ini sangat bermakna sebagai bentuk acknowledgement dari stakeholders BRI.

"Penghargaan ini juga diapresiasikan untuk seluruh insan pekerja BRI yang disebut dengan BRILian yang turut berupaya dalam mendukung penerapan prinsip-prinsip ESG di BRI,” ujar Ahmad dalam keterangan persnya, Selasa (1/11/2022).

BRI terus berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat luas dalam penerapan ESG, salah satunya dengan menginisiasi program BRI Menanam.
BRI terus berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat luas dalam penerapan ESG, salah satunya dengan menginisiasi program BRI Menanam. (Dok. BRI)

Sebagai first mover on sustainable banking di Indonesia, BRI berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat luas dalam penerapan ESG.

Salah satunya dengan menginisiasi program BRI Menanam yang diestimasikan dapat menyerap 108.065 ton karbondioksida (CO2) pada tahun kelima sejak program tersebut diluncurkan pada Agustus 2022.

Adapun angka tersebut berdasarkan proyeksi perhitungan dan asumsi rata-rata daya serap CO2 pohon produktif yang dibagikan dan ditanam dalam program BRI Menanam. Proyeksi penyerapan karbon ini juga telah memperhitungkan potensi mortalitas dari bibit pohon yang disalurkan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved