PTPN IV Benahi Infrastruktur Jalan, Doa Warga Simalungun Terjawab

Manajemen PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) Kebun Bah Jambi benahi infrastruktur di Dusun Huta Sombahuta, permudah akses masyarakat sekitar.

Editor: Ismail
Istimewa
Manajemen PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) Kebun Bah Jambi benahi infrastruktur di Dusun Huta Sombahuta, permudah akses masyarakat sekitar. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Dulu, Juli Boru Simangunsong hanya bisa pasrah jika hujan mengguyur walau hanya sekejap saja. Sebab, kondisi jalan menuju ladangnya bakal rusak parah.

Situasi itu membuat Juli selalu berdoa, agar kelak ada pembenahan jalan di tempat tinggalnya.

Juli merupakan warga Dusun Huta Sombahuta, Desa Nagori Tanjung Maraja, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

"Kalau dulu, hujan sedikit saja jalan sudah tidak bisa dilalui. Akhirnya saya tidak bisa ke ladang. Makanya kami terus berdoa dan berharap supaya ada perbaikan di sini," kata Juli saat berbincang di teras rumahnya, Senin (31/10/2022).

Di kampung ini, mayoritas warga berprofesi sebagai petani. Mulai dari sawah hingga kelapa sawit. Selama ini, mereka sangat bergantung pada akses jalan untuk mengangkut hasil produksi pertanian.

"Di sini rata-rata warganya petani. Jadi kami sangat perlu sekali ada perbaikan jalan, baik untuk angkut hasil pertanian atau ke kampung sebelah," kata warga lainnya, Reza Siahaan.

Harapan dan doa warga akhirnya terkabul. Kini, kondisi jalan di Dusun Huta Sombahuta telah jauh berbeda berkat pembenahan yang dilakukan oleh PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) Kebun Bah Jambi.

Pada September 2022 lalu, manajemen kebun membangun rabat beton di jalan ini sepanjang 135 meter dengan lebar 3 meter dan ketebalan 20 sentimeter. Pengerjaan tuntas pada akhir Oktober 2022.

kjdsvnsadvsd PTPN IV
Manajemen PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) Kebun Bah Jambi benahi infrastruktur di Dusun Huta Sombahuta, permudah akses masyarakat sekitar.

Menurut Manajer PTPN IV Kebun Bah Jambi Tri Mangkurat, perbaikan jalan dilakukan setelah perusahaan melakukan dialog dengan warga setempat.

Setelah memahami kebutuhan mereka, manajemen kebun memutuskan untuk membantu melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PTPN IV.

"Jalan ini merupakan akses untuk membawa hasil bumi, kemudian jalan untuk anak-anak sekolah. Jadi kami harap ini bisa mempermudah, karena mungkin yang selama ini lebih jauh karena harus memutar," kata Tri.

Hingga Triwulan III/2022, Kebun Bah Jambi telah menyalurkan Rp201.219.000 bantuan TJSL. Nilainya tercatat meningkat sebesar 384,8 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau secara year on year (yoy).

Menurut Tri, penyaluran TJSL tahun ini meningkat seiring kesuksesan perusahaan mendongkrak pendapatan.

Hingga Triwulan III/2022, produksi Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit Kebun Bah Jambi PTPN IV tercatat mencapai 82.676 ton. Jumlahnya meningkat sebesar enam persen (yoy).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved