Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Wagub Ijeck Luncurkan “Kereta Pustaka”

Kereta Pustaka adalah 16 sepeda motor yang membawa berbagai macam buku. Kereta Pusataka bisa menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Sumut.

Tangkapan layar kanal YouTube G24 Channel
Wakil Gubernur (Wagub) Sumater Utara (Sumut) dari fraksi Partai Golkar Musa Rajekshah luncurkan “Kereta Pustaka” untuk bantuk tingkatkan literasi dan minat baca generasi muda. 

TRIBUN-MEDAN.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) dari fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Musa Rajekshah terus berupaya meningkatkan literasi dan minat membaca generasi muda Sumut untuk mempercepat kemajuan bangsa.

“Membaca adalah membuka jendela dunia. Maka dari saya terus berupaya untuk bagaimana meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat kita, terutama untuk di daerah-daerah agar anak-anak dan generasi muda bangsa Indonesia semakin pintar dan berkualitas,” ungkap Wagub yang akrab disapa Ijeck ini, dikutip dari kanal YouTube G24 Channel, Rabu (2/11/2022).

Menurutnya, dengan punya minat membaca yang tinggi, anak-anak bisa memperbaiki pola pikir dan perilakunya. Oleh karena itu, Ijeck bersama dengan Forum Masyarakat Literasi Indonesia menghadirkan “Kereta Pustaka”.

“Apabila (minat baca) tidak ditingkatkan, niscaya tidak akan mencapai itu semuanya. Jadi saya melakukan pertemuan dengan forum masyarakat Literasi Indonesia untuk berdiskusi dan menghadirkan media-media untuk meningkatkan minat baca,” ucap Ijeck.  

Untuk diketahui, Kereta Pustaka adalah 16 sepeda motor yang membawa berbagai macam buku. Kereta Pusataka bisa menjangkau wilayah-wilayah terpencil, sehingga diharapkan anak-anak di daerah bisa membaca dan meningkatkan literasi mereka.

Adapun sepeda motor untuk Kereta Pustaka itu merupakan bantuan dari Bank Sumut.

“Kereta Pustaka ini hadir untuk membantu meningkatkan dan mempermudah akses membaca bagi masyarakat di daerah yang dilakukan oleh sejumlah kawan-kawan dari relawan yang tanpa digaji tapi tergerak untuk mau membangkitkan literasi di kampungnya,” ujar Ijeck.

Hadirnya Kereta Pustaka, kata Ijeck, merupakan salah satu keseimbangan dalam membangun fisik dan sumber daya manusia (SDM) untuk mempercepat kemajuan daerah.

“Untuk kemajuan ini berjalan dengan baik dan lancar, perlu adanya modifikasi dan perbaikan yang dilakukan bersama dengan forum masyarakat literasi Indonesia, sehingga untuk kedepannya Kereta Pustaka ini dapat mendorong peningkatan minat baca dan literasi masyarakat,” kata Ijeck.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved