Breaking News:

Berita Kota Medan

Energen Champion SAC Indonesia North Sumatera Qualifiers, Targetkan Peserta Pelajar SD hingga SMA

Even Energen Champion SAC Indonesia North Sumatera Qualifiers hadir di Kota Medan. PIC SAC North Sumatera, Alana, menyebut kegiatan ini menyasar siswa

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Risky Cahyadi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Even Energen Champion SAC Indonesia North Sumatera Qualifiers hadir di Kota Medan. PIC SAC North Sumatera, Alana, menyebut kegiatan ini menyasar pelajar dari jenjang SD hingga SMA sebagai peserta.

Dijelaskan Alana, pihaknya juga menargetkan pelajar yang non atlet untuk menjadi peserta dalam kegiatan ini. Selain itu, untuk saat ini pihaknya masih melakukan road show ke beberapa sekolah untuk sosialisasi kegiatan.

"Untuk road show di SMA Chandra Kumala ini, di Medan, merupakan rangkaian acara dari SAC (Student Athletics Championships). Kita memang melaksanakan beberapa road show di sekolah-sekolah di Medan, khususnya hari ini di Chandra Kumala," katanya kepada Tribun Medan, Senin (7/11/2022).

"Selain sosialisasi tentang SAC, jadi kami juga ada mini games, ada juga pengenalan tentang SAC dan pendaftaran. Pesertanya dari sekolah lain juga ada. Nah, jadi SAC ini juga untuk SD, SMP, dan SMA. Semua kalangan pelajar berhak mengikuti SAC, jadi non atlet memang yang kami targetkan," ujar Alana lagi.

Lanjut Alana, untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini bakal melewati beberapa tahapan. Di antaranya penyisihan di regional dan gugur. Hanya saja, untuk jenjang SMA bagi juara 1 dan 2 bakal langsung melaju ke babak nasional.

Dikatakan Alana, sebelumnya even Energen Champion SAC juga sudah melakukan babak regional di provinsi lain. Saat ini, regional Sumatera Utara (Sumut) yang berpusat di Medan masih dalam tahapan road show.

"Tahapannya lebih ke penyisihan, ya. Jadi penyisihannya antar region sendiri. Jadi kami kemarin sudah ada di Mataram untuk qualifier Bali-Nusra, lalu Yogyakarta, Papua, Kalimantan, dan saat ini di Medan," ucapnya.

"Sebenarnya langsung sistem gugur untuk yang SD dan SMP. Namun untuk SMA ada jenjangnya, yaitu untuk juara 1 dan 2 bisa kami langsung kirim ke Jakarta untuk National Championships," katanya.

Disinggung mengenai nomor lomba atletik yang dipertandingkan, Alana menuturkan ada lima yang nantinya diperlombakan. Di antaranya sprint (180 m dan 60 m) untuk masing-masing level pendidikan, estafet, lompat jauh, tolak peluru, dan kids athletic.

"Harapan saya khususnya Medan, ini memang kita cari bibit-bibit atletik baru, khususnya di Sumatera Utara. Jadi saya harapkan semua pelajar yang sudah kami sosialisasikan bisa bergabung di even SAC. Jangan lupa kegiatan ini tanggal 11 hingga 13 November mendatang di GOR Kampus Unimed," ujarnya.

(cr12/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved