Breaking News:

Berita Medan

Beri Wadah Bagi Pelaku Usaha, Pemko Medan Bakal Bangun UMKM Center di Kawasan USU

Pemko Medan berencana akan membuat bangunan baru yang bakal diperuntukkan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), selain Pos Bloc Medan.

Instagram @bobbynst
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat mengadakan rapat pembangunan UMKM Center bersama Rektor USU Muryanto Amin dan jajaran OPD Pemko Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemko) Medan berencana akan membuat bangunan baru yang bakal diperuntukkan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), selain Pos Bloc Medan.

Rencana tersebut terlihat dalam postingan di akunn Instagram resmi Bobby Nasution @bobbynst, yang menyatakan akan membuat bangunan UMKM Center di sekitaran Kampus Universitas Sumatera Utara, Rabu (9/11/2022).

Baca juga: Wali Kota Bobby Nasution Sebut Pos Bloc Medan Jadi Satu Upaya Untuk Bangkitkan Perekonomian

Dalam postingan tersebut, Bobby Nasution menyatakan bangunan itu bakal dinamakan UMKM Center dan akan mulai dibangun pada tahun 2023 mendatang. 

Menurut Bobby, UMKM merupakan tombak dalam mendukung perekonomian Kota Medan menjelang isu resesi 2023. 

"Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal adalah salah satu ujung tombak untuk mendukung perekonomian Kota Medan. Untuk itu kami selalu berusaha mendengar dan memenuhi kebutuhan dari pelaku UMKM," tulis Bobby Nasution dalam caption Instagramnya @bobbynst 

Satu di antara upaya Pemko Medan agar UMKM lebih maju, kata Bobby Nasution, yakni memberi banyak wadah untuk para pelaku usaha dalam mengembangkan produknya. 

"Salah satu upaya kami dalam pengelolaan dan pengembangan UMKM secara optimal adalah melalui pembangunan UMKM Center," kata Bobby. 

Adapun target pembangunan UMKM Center direalisasikan sesuai kebutuhan para pelaku usaha.

"Mohon doa dan dukungan agar pembangunan ini berjalan lancar di tahun 2023 nanti," jelasnya. 

Sementara saat dikonfirmasi kepada Kepala Koperasi dan UMKM Kota Medan Benny Iskandar membenarkan hal tersebut. 

Kata Benny dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin.

"Benar nanti di tahun 2023 pelaku UMKM  ini memiliki gedung baru dimana ini resmi milik Pemko Medan," jelasnya. 

Menurutnya lokasi bangunan dan konsep pembangunan UMKM Center ini masih dirundingkan.

"Tapi memang nantinya pembangunan gedung UMKM Center ini antara di dalam kampus USU atau di area sekitar USU," jelasnya. 

Sementara disinggung kenapa tidak memaksimalkan terlebih dahulu yang ada di Pos Bloc Medan, Benny tidak menjawab secara gamblang.

Baca juga: Demi Ramaikan Pos Bloc Medan, Dinas Koperasi dan UMKM Akan Gelar Pelatihan Usaha Gratis

"Kalau Pos Bloc itu kita kolaborasi dan yang mengelola itu PT Pos Indonesia dan sistemnya bagi hasil. Sementara kalau yang ini merupakan resmi milik Pemko Medan dan masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas secara nyaman karena ini di bangun pak Wali untuk masyarakatnya," jelasnya.

Akan tetapi Pos Bloc Medan, kata Benny, akan menjadi rumah UMKM di Kota Medan.

"Ini masih baru mau dibangun tapi tetap pelaku usaha saat ini bisa memaksimalkan wadah Pos Bloc Medan untum memperkenalkan produknya," pungkasnya.

(cr5/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved