Breaking News:

Kabar Sumut

Sumatera Utara Sebagai Wilayah dengan Kesadaran Menyikat Gigi Terendah Keempat di Indonesia

Sebanyak 25 persen responden mengaku memiliki gigi berlubang baru, yang berhubungan dengan berkurangnya kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut.

Editor: Risky Cahyadi

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Muaranya kesehatan mulut khususnya gigi tak maksimal menyebabkan persoalan baru pada gigi.

Fakta ini disampaikan drg Ratu Mirah Afifah, selaku Head of Professional Marketing Personal Care Unilver Indonesia, saat menghadiri acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022, di Rumah Sakit Gigi dan Mulut-Fakultas Kedokteran Gigi (RSGM-FKG) Universitas Sumatera Utara (USU), Jumat (11/11/2022).

Memaparkan hasil survey Pepsodent, ia menyebutkan adanya peningkatan permasalahan gigi dan mulut pada masyarakat selama pandemi.

Sebanyak 25 persen responden mengaku memiliki gigi berlubang baru, yang berhubungan dengan berkurangnya kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut.

“Ditemukan kebiasaan orang tua menyikat gigi pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur menurun sebesar 5 persen. Bahkan, pada anak penurunannya dua kali lebih besar, yaitu 11 persen. Memprihatinkan meski pandemi sudah mereda, kebiasaan yang terlanjur terbentuk ini belum berubah signifikan,” katanya.

Sementara itilu, Dr. drg. Essie Octiara selaku Dekan FKG USU berpendapat, kondisi ini tentunya harus terus diwaspadai, terlebih karena meskipun 92,9 % masyarakat di wilayah Sumatera Utara telah menyikat gigi setiap hari, hanya 1,6 % yang melakukannya setelah sarapan dan sebelum tidur.


“Hal ini menempatkan Sumatera Utara sebagai wilayah dengan kesadaran menyikat gigi pada waktu yang tepat terendah keempat secara nasional dalam Riskesdas 20182,” katanya.

Dokter gigi melakukan pemeriksaan gigi terhadap warga pada acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022, di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Sumut, Jumat (11/11).TRIBUN MEDAN/RISKY CAHYADI
Dokter gigi melakukan pemeriksaan gigi terhadap warga pada acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022, di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Sumut, Jumat (11/11).TRIBUN MEDAN/RISKY CAHYADI (Tribun Medan/Risky Cahyadi)


Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022 kembali digelar bersama PT Unilever Indonesia, Tbk. melalui brand Pepsodent dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) serta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali hadir di RSGM-FKG Universitas Sumatera Utara (USU), Medan.


Masyarakat bisa mendapatkan perawatan gigi gratis serta rangkaian edukasi mengenai pentingnya memulihkan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malam hari, serta rutin berkonsultasi ke dokter gigi, yang tercatat mengalami penurunan selama pandemi.

(*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved