Breaking News:

Pemkab Dairi

Bupati Dairi Eddy Berutu Harap Keberhasilan Pertanian Terpadu di Parbuluan Ada Ditangan PPL

Sahat juga menjelaskan, fokus kita adalah petani, yang akan didampingi mulai dari pengolahan lahan, hingga pada akhirnya panen.

Editor: Satia
TRIBUN MEDAN/ALVI
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyempatkan waktu mengunjungi lahan pertanian di Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, Kamis (10/11/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SIDIKALANG - Pemerintah Kabupaten Dairi bersama dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) mendampingi para petani dalam program pertanian terpadu, di Desa Parbuluan V Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi, Minggu (13/11/2022).

Salah satu Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Sahat M Sibarani meyampaikan, seluruh program dan aktifitas pertanian di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) ini mendapatkan pendampingan menyeluruh.

Pendampingan akan dilakukan secara menyeluruh dari awal hingga panen nanti.

"Kita sudah melakukan kunjungan ke Dinas Pertanian Provsu, dan ada penekanan dari provinsi pada PPL agar melakukan  pendampingan menyeluruh demi keberhasilan program KPT ini, karena keberhasilannya ada di tangan pendampingan penyuluh," kata Sahat,

Sahat juga menjelaskan, fokus kita adalah petani, yang akan didampingi mulai dari pengolahan lahan, hingga pada akhirnya panen.

"Tugas kami tak hanya melihat saja, namun dalam prosesnya akan didata dan diidentifikasi bagaimana perkembangan tanaman secara detail hari demi hari menggunakann catatan harian. Jadi, apa masalah di lahan akan dilaporkan ke dinas dan pihak yang terlibat dalam program ini. Keberhasilan program ini menjadi gambaran wajah para penyuluh. Bila ini berhasil, maka berhasil jugalah tugas kami mendampingi petani," tegasnya.

Masih di lokasi yang sama, Kepala Desa Parbuluan V, Maraden Sagala menyampaikan dirinya bersama masyarakat desa Parbuluan V secara  bahu membahu mendukung program Pemkab Dairi menyukseskan KPT ini.

"Kita senang pemerintah turun ke desa kami. Sebagai bentuk apresisasikami pada pemerintah, kami dari desa akan bekerja keras semaksimal mungkin agar program ini berjalan baik," katanya.

Dijelaskan Maraden, kendala saat ini adalah cuaca.

Curah hujan yang tinggi, menyulitkan petugas menurunkan saprodi kedalam kawasan lahan.

"Tapi perlahan Dinas PUTR sudah turun tangan. Sekarang masyarakat pun sudah bersemangat menyambut peluncuran program ini, dengan harapan pertanian masyarakat desa Parbuluan V bisa meningkat, " katanya menutup.

Sebelumnya, Bupati Dairi melihat persiapan pencanangan pertanian terpadu yang direncanakan digelar pada 22 November mendatang.

Dilokasi ini sedang berlangsung beberapa aktifitas, seperti alat berat yang sedang memperbaiki jalan kawasan pertanian, dan  pemasangan mulsa oleh petani.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu disela kegiatannya menyempatkan waktu untuk mengunjungi lahan pertanian di Desa Parbuluan V, didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Robot Simanullang.

Nantinya di lahan seluas 22 hektar ini, Pemerintah Kabupaten Dairi akan mencanangkan pertanian terpadu dari 400 Ha yang direncanakan. 

(Cr7/Tribun-Medan.com

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved