News Video

Presiden Jokowi Ajak Para Pemimpin Dunia Mencangkul Bersama di di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali

Kegiatan ini dilakukan saat penanaman pohon Mangrove di Taman Hutan Raya (Tahura), Ngurah Rai, Bali, pada Rabu (16/11/2022).

Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.COM - Presiden Jokowi mengajak seluruh pemimpin negara dan delegasi anggota G20 untuk mencangkul bersama di sela rangkaian KTT G20.

Diketahui, kegiatan ini dilakukan saat penanaman pohon Mangrove di Taman Hutan Raya (Tahura), Ngurah Rai, Bali, pada Rabu (16/11/2022).

Jokowi mengajak para pemimpin untuk meninjau kawasan yang menjadi tempat konservasi tersebut.

Tokoh yang hadir dalam kegiatan ini di antararanya ada Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom, Presiden European Council Charles Michel, Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Belanda Mark Rutte, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva.

Selain itu hadir Kanselir Jerman Olaf Scholz, PM India Narendra Modi, PM Italia Giorgia Meloni, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Australia Anthony Albanese, serta Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann.

Para pemimpin negara dan lembaga dunia tersebut diajak berkeliling di kawasan yang memiliki luas 1.300 hektare itu.

Para pemimpin negara yang mayoritas mengenakan pakaian berwarna putih dengan topi bertuliskan G20 tersebut kemudian menggunakan cangkul yang telah disediakan untuk menanam mangrove.

Setelah itu Presiden menunjukan bibit-bibit mangrove yang disiapkan untuk konservasi.

Jokowi mengklaim bahwa hutan mangrove di Tahura Ngurah Rai ini adalah pekerjaan konkret Indonesia dalam menangani perubahan iklim.

Ditambahkan olehnya, pemerintah juga akan membuat hutan mangrove serupa di 33 lokasi pada tahun depan.

Dari 33 lokasi itu, 5 di antaranya sudah dalam proses.

Dijelaskan Jokowi, tadinya kawasan tersebut adalah area tambak udang yang terabrasi.

Kini area tersebut telah disulap menjadi hutan mangrove yang menjadi rumah bagi 33 spesies mangrove serta lebih dari 300 fauna seperti ikan, udang, burung, monyet, dan ular.

Menurut keterangan Jokowi, para pemimpin dunia merasa kaget dan takjub dengan hutan mangrove itu. (*)


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Ajak Para Kepala Negara Anggota G20 Angkat Cangkul Tanam Mangrove,

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved