Berita Nasional

Polisi Tengah Buru Penyebar Video Mayat Hidup Lagi, Terancam Pidana, Kapolres: Sedang Didalami

Polisi tengah memburu perekam video mayat hidup lagi, yang belakangan diketahui ternyata tidak benar. 

HO
Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin saat dijumpai di ruangan kerjanya pada Sabtu (19/11/2022) 

TRIBUN-MEDAN.com - Polisi tengah memburu perekam video mayat hidup lagi, yang belakangan diketahui ternyata tidak benar. 

Tak hanya Urip Saputra (40) pria yang pura-pura meninggal, kini penyebar video tersebut juga ikut dicari pihak Polres Bogor.

Bahkan penyebar video tersebut juga berpotensi terkena pidana.

Hal tersebut bisa terjadi jika video yang disebarkannya terbukti berita bohong.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, hal itu dilakukan untuk meluruskan isu yang tengah berkembang di tengah masyarakat agar tidak menerima informasi yang tidak benar, sehingga berasumsi yang tidak tidak ke pemikiran lain irasional.

Meski begitu, AKBP Iman Imanuddin tak menampik jika terdapat indikasi dari video tersebut bertujuan untuk menyebarkan berita yang tidak benar, maka bisa dikenakan hukuman.

"Sedang didalami siapa, kalau memang itu dengan menyebarkannya menimbulkan sesuatu yang merugikan khalayak atau merugikan seseorang atau subjek hukum lain bisa saja itu berpotensi menjadi sebuah perbuatan pidana," ujarnya kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Yohannes Redhoi Sigiro mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah meminta keterangan kurang lebih dari 10 saksi yang berkaitan dengan kejadian tersebut.

"Untuk kejadian tersebut, kami sampai saat ini masih mengadakan penyelidikan, sudah beberapa saksi yang kami periksa, antara lain sopir ambulans sejumlah dua orang. Kemudian dari pihak hotel di mana tempat dia berangkat dari Jakarta Selatan dua orang, kemudian dari saksi warga setempat yang pada saat itu ikut menyambut dan menurunkan peti serta menyaksikan membuka peti," katanya, Jumat (18/11/2022).
 
Kronologis Kejadian

Sebelumnya, Urip Saputra, pria asal Rancabungur, Kabupaten Bogor sempat bikin heboh lantaran dikabarkan hidup lagi setelah meninggal dunia.

 Videonya langsung viral di media sosial hingga menjadi sorotan sejumlah pihak.

Uripsaat itu pulang ke rumahnya diantar menggunakan mobil ambulans yang membawa peti mati.

Belakangan terkuak jika hal tersebut diduga bagian dari skenario yang dibuat sendiri oleh Urip.

Polisi juga meminta keterangan saksi termasuk sopir ambulans yang mengantarkan peti mati berisi sosok Urip di dalamnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bogor
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved