News Video

Ratusan Rumah di Komplek Perumahan Taman Sari Baru di Tanjung Morawa Terendam Banjir

Banjir di Kabupaten Deliserdang saat ini semakin meluas. Beberapa Kecamatan kini ikut terendam karena terus meningkatnya intensitas hujan.

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Fariz

TRIBUN-MEDAN. com, DELISERDANG - Banjir di Kabupaten Deliserdang saat ini semakin meluas. Beberapa Kecamatan kini ikut terendam karena terus meningkatnya intensitas hujan. Selain itu volume air di sejumlah sungai juga ikut naik hingga meluap ke pemukiman warga.

Informasi yang dihimpun saat ini wilayah yang terendam banjir meliputi daerah Kecamatan Tanjung Morawa, Lubukpakam, Batang Kuis, Bangun Purba, Patumbak, Hamparan Perak dan Percut Seituan. Saat ini pihak Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) serta pihak Kecamatan terus melakukan pendataan. Ada puluhan desa yang saat ini sudah terendam air.

Untuk yang paling parah saat ini terjadi di Desa Bangun Sari Baru tepatnya di perumahan Taman Sari. Di lokasi ini ketinggian air ada di titik tertentu sampai 70 cm. Sebagian warga tampan sudah meninggalkan rumah dan mengungsi karena memang tidak memungkinkan untuk ditinggali.

Terlihat juga ada warga yang masih bertahan di dalam rumah meskipun ketinggian air sudah 50 cm. Mereka takut meninggalkan rumah karena tidak ingin barang-barang miliknya dicuri maling. Di lokasi ini lebih dari 200 unit rumah yang terendam.

" Mulai jam 01.00 dini hari ini airnya naik di tempat kami. Ya cemana ngungsi lah saya dan keluarga karena air sudah mau sepinggang,"ucap Yanti salah satu warga komplek.

Saat Tribun berada di lokasi seorang pria tua tampak mendorong sepeda motor honda Supra X miliknya. Pria tersebut bernama Samsul yang merupakan warga komplek. Ia sempat memaksakan melintas di jalan komplek menuju rumahnya, namun karena ketinggian air di jalan mencapai setengah meter sepeda motornya itupun kemudian mati.

" Nggak hidup jadinya motor saya. Saya baru pulang kerja ini. Kemarin saya mau berangkat kerja belum naik airnya tapi tadi malam saya ditelpon sama keluarga air sudah naik, "kata Samsul.

Personil BPBD Kabupaten Deli Serdang sudah turun ke lokasi semenjak Sabtu pagi. Mereka pun sudah menurunkan perahu karet untuk membantu warga. Selain itu dapur umum juga sudah didirikan.

" Ya posko kesehatan juga sudah ada didirikan. Untuk bantuan sudah kita turunkan untuk membantu warga, "kata Camat Tanjung Morawa Ismail.

(dra/www.tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved