Sumut Memilih

KPU Tebingtinggi Buka Perekrutan PPK, Pendaftaran Dilakukan Dua Cara, Begini Syaratnya

Khalik menyambung, usai perekrutan PPK, KPU akan melanjutkan penjaringan Panitia Pemungutan Suara tingkat Kelurahan (PPS). 

Penulis: Anugrah Nasution | Editor: Ayu Prasandi
HO
Ketua Komisi Pemilihan Umum Tebingtinggi, Abdul Khalik saat di kantor Komisi Pemilihan Umum, Kota Tebingtinggi. 

TRIBUN-MEDAN.com, TEBINGTINGGI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tebingtinggi telah membuka pendapat anggota badan ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pendaftaran resmi dibuka pada Minggu (20/11/2022). 

Ketua Komisi Pemilihan Umum Tebingtinggi, Abdul Khalik mengatakan, perekrutan akan dibuka kepada anggota PPK selama 9 hari yakni sejak 20 hingga 29  November. 

"Sesuai jadwal yang kita terima sudah dibuka pada hari ini hingga 9 hari untuk pendaftaran PPK yakni 20 sampai 29 November 2022 pada pukul 16.00 WIB," kata Abdul Khalik, Minggu (20/11/2022). 

Baca juga: KPU Kota Binjai Buka Rekrutmen PPK-PPS, Catat Tanggal Pendaftarannya

Dia mengungkapkan perekrutan PPK akan dilakukan dengan dua cara yakni secara online menggunakan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hochoc (SIAKBA) dan juga pendaftaran secara offline dengan menyerahkan langsung pendaftaran ke kantor KPU Tebingtinggi

"Selain menggunakan aplikasi SIAKBA pendaftaran juga dibuka secara offline jadi bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri bisa langsung mendatangi kantor KPU dengan membawa persyaratan," sambungnya. 

Khalik menyambung, usai perekrutan PPK, KPU akan melanjutkan penjaringan Panitia Pemungutan Suara tingkat Kelurahan (PPS). 

Dia menyampaikan, kedua penyelenggaraan pemilihan umum itu akan bekerja lebih kurang selama dua tahun lamanya.

Khalik menyebutkan, PPK dan PPS akan bekerja mulai dari Pemilihan Presiden, Pileg dan Pilpres. Karena itu dia mengajak masyarakat agar segera mendaftarkan diri sebagai anggota PPK

"Untuk tugas sebagai penyelenggara pemilu kurang lebih akan bertugas selama 2 tahun yakni pada tahun 2023 hingga tahun 2024 membantu mensukseskan tahapan pemilihan umum," sambungnya. 

Baca juga: KPU Toba Resmi Buka Perekrutan Calon PPK, Simak Syaratnya Berikut Ini

Adapun persyaratan menjadi untuk menjadi PPK :

1. Warga Negara Indonesia. 

2. Berusia paling rendah 17 tahun. 

3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

4. Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil. 

5.Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau sekurang-kurangnya 5 tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan. 

6. Berdomisili di wilayah kerja PPK

7.Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat. 

8.Tidak pernah dipidana penjara bedasarkan putusan pengadilan yang telah memeroleh kekuatan hukum tetap karena tidak melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara  5 tahun atau lebih. 

(cr17/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved