Breaking News:

Sumut Memilih

Pendaftaran Badan Ad Hoc Mulai Dibuka, KPU Pakpak Bharat Lakukan Sosialisasi Tata Cara Pendaftaran

Adapun syarat bagi calon peserta yang ingin mendaftar, salah satu syarat utamanya yakni tidak terdaftar menjadi bagian dari partai politik.

HO
KPU Pakpak Bharat lakukan sosialisasi tentang pendaftaran badan ad hoc melalui aplikasi SIAKBA di Balai Diklat Cikaok Kabupaten Pakpak Bharat, Minggu (20/11/2022).  

TRIBUN-MEDAN. COM, SALAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pakpak Bharat melakukan sosialisasi aplikasi SIAKBA dalam perekrutan Badan Ad Hoc di Balai Diklat Cikaok, Kabupaten Pakpak Bharat, Minggu (20/11/2022).

Komisioner divisi partisipasi masyarakat dan SDM, Welly Imron Cibro mengatakan, sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara pendaftaran Badan Ad Hoc untuk PPK dan PPS.

"Hari ini kita sosialisasi untuk tahapan perekrutan Badan Ad Hoc, kemudian kita sosialisasi juga terkait SIAKBA. Karena SIAKBA ini dipakai untuk pendaftaran Badan Ad Hoc tahun 2024 ini," ujarnya.

Baca juga: KPU Tebingtinggi Buka Perekrutan PPK, Pendaftaran Dilakukan Dua Cara, Begini Syaratnya

Well pun menjelaskan dalam pendaftaran tersebut, semuanya menggunakan metode online yakni dengan menggunakan aplikasi SIAKBA.

Adapun syarat bagi calon peserta yang ingin mendaftar, salah satu syarat utamanya yakni tidak terdaftar menjadi bagian dari partai politik.

"Kita mengimbau kepada calon pelamar, untuk memastikan dulu bahwa dirinya tidak menjadi bagian anggota partai politik. Karena SIAKBA ini nanti akan langsung tersambung di sistem informasi partai politik. Kalau dia terdaftar sebagai anggota partai politik, maka otomatis pendaftarannya tidak bisa dilanjutkan, " jelasnya.

Namun, apabila ada pendaftar yang merasa tidak menjadi bagian dari partai politik, namun terdaftar di Sipol, maka bisa membuat tanggapan melalui KPU Pakpak Bharat.

"Sampai dengan tanggal 7 Desember 2022 nanti, masih dibuka layanan yang namanya layanan tanggapan masyarakat. Apabila ada masyarakat yang namanya tercantum menjadi anggota partai politik, tetapi dia bukan anggota partai politik, silakan buat tanggapannya sampaikan ke KPU. Kita punya helpdesk Sipol di KPU Pakpak Bharat, " Tutupnya.

Dirinya berharap, kegiatan sosialisasi tersebut dapat disampaikan kepada masyarakat luas tentang tata cara pendaftaran badan ad hoc melalui aplikasi SIAKBA.

(CR7/TRIBUN-MEDAN.COM)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved