Berita Medan

Antisipasi Air Luapan Sungai Deli Masuk ke Permukiman Warga, Pemko Bangun Benteng Air

Pemko Medan bangun benteng air di bantaran Sungai Deli, Simpang Aloha, Kelurahan Besar, Medan Labuhan, Medan mengantisipasi luapan air sungai.

Penulis: Aprianto Tambunan | Editor: Ade Saputra

Antisipasi Air Luapan Sungai Deli Masuk ke Permukiman Warga, Pemko Bangun Benteng Air

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemko Medan membangun benteng air di bantaran Sungai Deli, Simpang Aloha, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, untuk mengantisipasi luapan air dari sungai ke permukiman warga. 

Diketahui, Kecamatan Medan Labuhan sejak Sabtu (19/11/2022) dilanda banjir akibat meluapnya air Sungai Deli pascahujan deras yang mengguyur Kota Medan.

Pantauan Tribun Medan dilokasi, alat berat serta beton paku bumi pun sudah terkumpul untuk membangun benteng air, sebagai antisipasi pencegahan luapan air sungai ke permukiman warga. 

Projek Manager pelaksana Pembentukan Benteng Air, Donal Sigalingging mengatakan, pembangunan benteng air tersebut dilakukan usai banjir yang melanda pemukiman warga akibat luapan Sungai Deli

"Ya saat ini sedang dilakukan pembangunan benteng air untuk mengantisipasi Banjir yang terjadi seperti hari sabtu lalu, dimana sungai Deli Meluap hingga ke pemukiman warga," ucap Donal Sigalingging, Selasa (22/11/2022). 

Dia mengatakan, sesuai arahan Pemko Medan pengerjaan benteng air tersebut dimaksimalkan selesai pada bulan Desember tahun ini, agar ketika Sungai Deli meluap, airnya tak lagi masuk ke rumah-rumah warga.

"Proyek pengerjaan benteng air ini sesuai arahan pemerintah harus selesai bulan Desember, namun itu target kita sementara, karena kita juga harus melihat kondisi cuaca yang saat ini tidak dapat di prediksi," ungkapnya. 

Donal mengatakan, nantinya beton paku bumi ditanam di sekitar bantaran Sungai Deli sebagai pondasi benteng air yang berfungsi sebagai penahan luapan air yang datang dari hulu menuju hilir sungai.

"Nanti beton ini semua akan ditanam ke tanah sedalam 12 meter sebagai pondasi menahan luapan air dari hulu ke hilir sungai, agar nantinya jika banjir kembali datang dari Hulu, air tidak meluap lagi ke pemukiman," pungkasnya.

(cr29/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved