Berita Sumut

Daftar Kampus Negeri Pemilik Hak Paten Terbanyak di Indonesia, USU Jauh di Bawah Universitas Andalas

Universitas Sumatera Utara (USU) masuk ke dalam jajaran 10 perguruan tinggi (PT) dengan jumlah permohonan Hak Paten terbanyak se-Indonesia. 

HO / Tribun Medan
Penyerahan penghargaan hak paten terbanyak kepada perguruan tinggi di Indonesia tahun 2022. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Universitas Sumatera Utara (USU) masuk ke dalam jajaran 10 perguruan tinggi (PT) dengan jumlah permohonan Hak Paten terbanyak se-Indonesia. 

Atas capaian itu, USU diganjar penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang diterima Wakil Rektor III Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, M.Si., Apt. di Jakarta, Senin 21 November 2022.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menjelaskan, pemberian apresiasi tersebut didasarkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. 

Universitas Sumatera Utara dinilai berperan aktif dalam memacu pertumbuhan kreativitas dan inovasi kekayaan intelektual dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Prof. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan menjelaskan, atas penilaian itu, USU diberikan penghargaan sebagai penerima apresiasi Kemenkumham kategori Perguruan Tinggi dengan Jumlah Permohonan Paten Top 10 tertinggi di Indonesia tahun 2022.

"Kita harapkan di tahun-tahun berikutnya prestasi ini dapat terus ditingkatkan atau paling tidak dipertahankan," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kemenkumham memberikan 37 penghargaan dengan tiga kategori.

Daftar Kampus Negeri Pemilik Hak Paten Terbanyak di Indonesia
Daftar Kampus Negeri Pemilik Hak Paten Terbanyak di Indonesia

10 penghargaan untuk kategori Perguruan Tinggi dengan sepuluh besar terbanyak jumlah permohonan paten selama 2020-2022, yakni Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, UGM, Undip, ITB, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Negeri Malang, IPB, USU dan UI. 

Tercatat selama tahun 2020 - 2022, USU telah mengajukan sebanyak 231 paten kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dengan rincian 2020 sebanyak 79 paten, 2021 sebanyak 96 dan di tahun 2022 sebanyak 59 paten.

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menyelenggarakan Kegiatan Roving Seminar Kekayaan Intelektual pada Senin, 21 November 2022 di Birawa Assembly Hall - Hotel Bidakara Jakarta.

Salah satu agendanya adalah penyerahan Apresiasi Kementerian Hukum dan HAM tahun 2022 kepada Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah.

Selain dihadiri oleh Universitas-universitas di Indonesia, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa Menteri di antaranya Erick Tohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara), Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Zulkifli Hasan (Menteri Perdagangan), dan Yasonna H. Laoly (Menteri Hukum dan HAM).

Kekayaan Intelektual merupakan suatu karya yang lahir dari kemampuan intelektual manusia, suatu aset berharga yang bernilai ekonomi.

Pelindungan dan pemanfaatan karya-karya intelektual membutuhkan dukungan dari berbagai pihak khususnya para pimpinan wilayah dan juga Lembaga terkait, yang dapat mempercepat dan meningkatkan pembangunan ekonomi berbasis Kekayaan Intelektual.

(cr26/tribun-medan.com) 
 
 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved