News Video

Tren Coffee Shop Dorong Barista Berinovasi di Menu Kopi

Barista Inovation Challenge (BIC) 2022 hadir di Medan, dorong 60 barista untuk ciptakan menu kopi dengan inovasi terbaru.

Penulis: Husna Fadilla Tarigan | Editor: Fariz

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Barista Inovation Challenge (BIC) 2022 hadir di Medan, dorong 60 barista untuk ciptakan menu kopi dengan inovasi terbaru.

Kegiatan literasi kopi signature ini berlangsung di, Janji Rasa Coffee and Space, Jalan Karya Dame No. 5, Selasa (22/11/2022).

BIC melakukan tour di 18 daerah mendorong barista dalam menciptakan kreasi kopi bercitarasa lokal.

Tour ini sudah berlangsung sejak tahun 2020, di tahun 2022 ini Medan menjadi kota ke 12 yang dikunjungi.

Rhomy Imran selaku Beverage Architects di Rasa Group mengatakan, antusias kota Medan cukup tinggi untuk BIC tahun ini.

BIC sendiri senantiasa hadir di berbagai daerah demi mendorong industri kopi di Indonesia, dikatakannya kini bahkan fenomena inovasi kopi sendiri sudah mendunia.

"Kita sudah adakan ini sejak tahun 2020, dan di tahun ini Medan pecah banget, Animonya cukup tinggi, biasa satu kelas kita cuman buka di 35 orang, tapi kali ini full banget sampk 60an lebih pesertanya. Kita hadir untuk mendorong industri kopi tentunya, kini fenomena inovasi kopi tak hanya di Indonesia bahkan sudah mendunia, kita sebagai negara penghasil kopi terbesar tak boleh ketinggalan," ujar Rhomy.

Kemudian dijelaskannya, rangkaian road show BIC ini nantinya akan menunjuk perwakilan Barista di tiap daerah, yang akan berangkat dan bersaing dengan inovasi kopinya di Jakarta.

"Kompetisinya tidak di hari ini, tapi seluruh peserta yang ikut kelas, diperbolehkan mengirim menu kopi temuannya dalam bentuk video. Kemudian nantinya, dari 18 daerah yang kita kunjungi akan kita pilih masing-masing 2, yang akan bersaing di Jakarta pada Desember mendatang. Hadiah utamanya akan kita berangkatkan untuk belajar kopi di Itali," jelasnya.

Salah satu peserta, Jufri Suanda dari Hening Coffee mengaku senang dengan event seperti ini, sebab dirinya dapat menunjukkan kebolehannya.

Sebab Jufri mengaku sudah memiliki signature andalannya, disini ia juga mendapat semangat baru untuk terus mengulik cita rasa kopi yang begitu kaya.

"Sangat berkesan ya bagi saya, karna dapat ilmu langsung dari ahlinya. Inovasi kopi saat ini sangat luar biasa ya, kita barista harus bisa terus berkembang dan belajar lebih banyak lagi. Saat ini saya sudah punya satu menu andalan, dengan ciri khas rasa yang sweetnes, bitters, rasanya soft sangat cocok untuk cewek," pungkasnya.

(cr26/www.tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved