Berita Nasional

Jokowi Kirim Surpres Pergantian Panglima TNI Hari Ini, Pratikno: Nanti DPR yang Menyampaikan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memilih calon panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

HO
Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memilih calon panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. 

TRIBUN-MEDAN.com - Masa jabatan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa segera habis. Jenderal Andika diketahui bakal pensiun pada Desember 2022. 

Sejumlah kabar sosok pengganti Jenderal Andika sudah beredar. Jenderal Andika yang berlatar angkatan darat diprediksi bakal diganti dari sosok angkatan laut. 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memilih calon panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

Hal ini tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) soal pergantain Panglima TNI yang akan dikirimkan ke DPR pada hari ini.

Adapun Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiunnya pada 21 Desember 2022.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, pihaknya akan mengirimkan Supres itu pada hari ini karena mengingat DPR akan memasuki masa reses pada 16 Desember 2022 mendatang.

"Surpres penggantian panglima TNI itu kita akan reses juga dalam beberapa waktu ke depan akan reses di DPR. Kita sudah menghitung bahwa pada hari ini akan dikirim kepada DPR surpresnya," kata Pratikno di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (DOK TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA)

Ia menjelaskan, dirinya belum bisa mengumumkan terkait nama yang dipilih Jokowi untuk menjadi pucuk pimpinan di lembaga TNI.

"Nanti kalau sudah diterima DPR nanti dari DPR lah yang menyampaikan. Kalau calon Panglima TNI pasti dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif. Kan gitu aja," ujarnya.

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk segera mengirimkan Surat Presiden (Surpres) terkait pergantian Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Ia meminta kepala negara mengirimkan Surpres tersebut dalam waktu dekat, karena DPR akan memasuki masa reses pada pada 16 Desember 2022 sampai 9 Januari 2023.

"Saya tentu saja meminta sebelum reses dari atau penutupan masa sidang dari DPR suratnya sudah diterima oleh ketua DPR," kata Puan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

 

(*)

Berita sudah tayang di kompas.tv

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved