Berita Viral

Dikabarkan jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Yudo Margono tak Mau Berandai-andai, Siap Jalani Tes

Yudo tak mau berandai-andai jika dirinya yang ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menjalani fit and proper test calon Panglima TNI di DPR.

HO
Calon Panglima TNI yang akan diusulkan Presiden adalah satu nama. Dikutip dari artikel Kompas.id berjudul "Yudo Margono Bakal Ditunjuk Presiden Jadi Calon Panglima TNI" 

TRIBUN-MEDAN.com - Presiden sudah mempersiapkan nama untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

Kabar yang beredar bahwa hanya ada satu nama yang diusulkan Presiden Jokowi ke DPR RI yakni Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono

Ditemui kompas.tv, Yudo tak mau berandai-andai jika dirinya yang ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menjalani fit and proper test calon Panglima TNI di DPR.

Menurut KSAL Yudo, Surat Presiden Jokowi terkait pergantian Panglima TNI baru dikirimkan Rabu (23/11/2022).

Ia tidak mengetahui siapa nama yang tertulis di Supres tersebut untuk menjalani fit and proper test calon panglima TNI di DPR.

"Kita tunggu saja, masih diajukan kemarin, katanya diajukan kata Mensesneg, kita tunggu saja tahap berikutnya," ujar Yudo di Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (24/11/2022).

Meski dirinya tidak mengetahui siapa yang ditunjuk Presiden Jokowi untuk menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, namun Yudo tetap mempersiapkan diri dalam menghadapi uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI di DPR.

Mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I ini juga menegaskan dirinya tidak ingin berspekulasi akan lolos dalam fit and proper test. 

"Saya enggak mau berandai-andai, tentunya program-program setelah fit and proper test. Setelah itu kita sampaikan ke teman-teman media," ujar Yudo.

Sebelumnya juga diberitakan, Presiden Jokowi telah menunjuk KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menjadi calon Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa. 

Adapun Andika Perkasa akan memasuki masa purnatugas pada 21 Desember 2024 mendatang.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno membenarkan KSAL Yudo Margono ditunjuk menjadi calon panglima TNI dan akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR. 

Yudo Calon Tunggal

Surat Presiden (Surpres) pergantian Panglima TNI batal dikirim. Surat yang sudah disiapkan Presiden Jokowi untuk mengganti Jenderal Andika Perkasa dari jabatan Panglima TNI terkendala. 

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved