Berita Sumut

Event Pekan Keselamatan Jalan Diharapkan Mampu Tekan Angka Lakalantas di Sumut

Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) merupakan program kementerian perhubungan untuk menyadarkan masyarakat soal tata tertib berlalu-lintas.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Ade Saputra

Event Pekan Keselamatan Jalan Diharapkan Mampu Tekan Angka Lakalantas di Sumut

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Dengan adanya Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) Tahun 2022 yang diselenggarakan hari ini, Kamis (24/11/2022), Kepala BPTD Wilayah II Sumut Batara berharap angka kecelakaan lalu-lintas (lakalantas) di Sumatera Utara berkurang.

Ia juga menyampaikan, PKJ merupakan program kementerian perhubungan untuk menyadarkan masyarakat soal tata tertib berlalu-lintas.

"Pekan Keselamatan Jalan merupakan program Dirjen Perhubungan Darat. Ini adalah salah satu program edukasi bagi pengguna jalan mulai dari orang dewasa hingga anak-anak," ujar Kepala BPTD Wilayah II Sumut Batara, Kamis (24/11/2022).

Ia juga menyampaikan hal tersebut amat penting saat menyongsong liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Ini upaya kita untuk meningkatkan kesadaran masyarakat perihal kepatuhan berlalu-lintas," sambungnya.

Satu diantara upaya ya g dilakukan adalah menggaungkan soal kecepatan maksimal bagi pengguna kendaraan sepeda motor saat berada di areal padat pemukiman yakni 30 kilometer per jam.

"Soal laju 30 kilometer per jam tersebut untuk kendaraan roda dua di lingkup perumahan sebenarnya. Di jalan raya, ini tidak ada salahnya juga kita aplikasikan," terangnya.

"Kalau memang kecepatan berkendara ini bisa kita pertahankan, kita berharap angka lakalantas bisa menurun dan pengguna jalan juga takkan menganggu lalu lintas juga," sambungnya.

Ia berharap melalui program tersebut, para pengguna jalan dapat melakukan perjalanan di saat Nataru mendatang dengan lancar dan selamat.

"Kita berharap, sesuai tema PKJ ini, ke depannya apalagi juga jelang Nataru ini, tingkat lakalantas dapat ditekan," sambungnya.

"Kita berharap para pengguna jalan, baik itu teman-teman yang bakal mengadakan perjalanan pada Nataru ini dapat memperhatikan aspek-aspek dalam berlalu-lintas ini," pungkasnya.

(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved