Breaking News:

Pakpak Bharat

Pemkab Pakpak Bharat Borong 5 Penghargaan STBM Award 2022 dari Kementerian Kesehatan RI

Pakpak Bharat juga terpilih sebagai Kabupaten terbaik dalam upaya percepatan stop buang air besar sembarangan pada kategori pemenuhan kondisi.

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
Kabupaten Pakpak Bharat terpilih sebagai Penerima Anugerah Tanda Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Tahun 2022 pada Kategori Stop Buang Air Besar Sembarangan, Rabu (23/11/2022) di Jakarta. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Kabupaten Pakpak Bharat terpilih sebagai Penerima Anugerah Tanda Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Tahun 2022 pada Kategori Stop Buang Air Besar Sembarangan. 

Bukan itu saja, Pakpak Bharat juga terpilih sebagai Kabupaten terbaik dalam upaya percepatan stop buang air besar sembarangan pada kategori pemenuhan kondisi yang mendukung.

Dua penghargaan bergengsi ini diterima langsung oleh Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dari Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD pada acara penganugerahan penghargaan bidang kesehatan lingkungan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2022 di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Pakpak Bharat dan Kemenkes RI
Kabupaten Pakpak Bharat terpilih sebagai Penerima Anugerah Tanda Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Tahun 2022 pada Kategori Stop Buang Air Besar Sembarangan, Rabu (23/11/2022) di Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI menilai Pemerintah Daerah Kabupaten Pakpak Bharat berhasil mendorong dan memobilisasi masyarakat untuk terlibat dalam mempertahankan layanan sanitasi berbasis masyarakat tahun 2022.

Bersamaan dengan penyerahan penghargaan ini juga diserahkan beberapa kategori penghargaan lain kepada pejabat desa di Pakpak Bharat.

Di mana Mai Duina L Nasution dari Puskesmas Singgabur meraih penghargaan sebagai sanitasi total berbasis masyarakat tahun 2022 sebagai sanitarian terbaik dalam upaya mendorong percepatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Lalu, Anggiat Bintang, Kepala Desa Tanjung Meriah meraih penghargaan sebagai Kepala Desa terbaik dalam upaya mendorong percepatan STBM.

Kemudian, Amson Bancin, dari Desa Penanggalen Binanga Boang meraih penghargaan sebagai Natural Leader terbaik dalam upaya mendorong percepatan STBM.

Pakpak Bharat borong penghargaan dari Kemenkes
Kabupaten Pakpak Bharat terpilih sebagai Penerima Anugerah Tanda Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Tahun 2022 pada Kategori Stop Buang Air Besar Sembarangan, Rabu (23/11/2022) di Jakarta.

Atas diterimanya beberapa anugerah penghargaan ini, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengucapkan selamat kepada mereka, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat yang turut berperan dalam mewujudkan Pakpak Bharat yang bersih, sehat dan cerdas.

"Penghargaan ini akan memotivasi pemerintah daerah untuk terus mendorong dan memobilisasi masyarakat agar lebih memahami dan melakukan perilaku yang higenis dan sanitasi yang sehat dalam kehidupan sehari-hari," ucap Bupati Franc.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit (P2P) Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu menyatakan, penghargaan kesehatan lingkungan STBM Award dan Penyehatan Pangan diberikan Kementerian Kesehatan kepada Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, Penyelenggara Bandara dan Pelabuhan, Rumah Sakit, Sekolah, Sanitarian terbaik, Kepala Desa dan Natural Leader untuk percepatan ODF (Opeb Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan Tahun 2022.

Penghargaan ini diberikan dalam rangkaian peringatan HUT ke-58 Hari Kesehatan Nasional dan percepatan transformasi kesehatan.

"Kemenkes RI memberikan penghargaan sebagai salah satu bentuk advokasi dan meningkatkan komitmen pembinaan, untuk mendorong, menstimulasi keberhasilan penyelenggaraan program penyehatan lingkungan serta apresiasi terhadap kinerja petugas, institusi dan pemerintah daerah," jelas  Maxi.

Sementara itu, 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang menjadi instrumen penilaian adalah Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengolahan Air Minum dan makanan di Rumah Tangga (PAM-RT), Pengemasan Sampah Rumah Tangga (PS-RT), dan Pengemasan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC-RT).

(*/Tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved