Breaking News:

Pakpak Bharat

Bagikan Peralatan UMKM di Pakpak Bharat, Bupati Franc Tumanggor: Untuk Menopang Perekonomian Kita

Hal ini diberikan guna membantu peningkatan UMKM dan Koperasi di Kabupaten Pakpak Bharat.

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor didampingi Ketua TP PKK Pakpak Bharat Ny.Juniatry Franc Tumanggor menyerahkan bantuan sejumlah peralatan untuk usaha Koperasi dan UMKM kepada warga di lingkungan Kantor Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pakpak Bharat, Sumut, Kamis (24/11/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor membagikan berbagai mesin dan peralatan Industri Rumah Tangga dan UMKM bagi beberapa Koperasi dan UMKM yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, pada Kamis (24/11/2022).

Berbagai peralatan dibagikan bagi kelompok Usaha Koperasi dan UMKM, di antaranya berupa mesin pengupas kulit ceri kopi, mesin pemecah gambir, mesin bordir, mesin jahit, mesin perontok padi, hand sprayer serta berbagai mesin lainnya.

Bantuan peralatan ini diharapkan bisa membantu mendongkrak geliat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten ini.

Bantuan Peralatan UMKM dan Koperasi di Pakpak
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor didampingi Ketua TP PKK Pakpak Bharat Ny.Juniatry Franc Tumanggor serta Kadis Elhidayat Berutu, menyerahkan bantuan sejumlah peralatan untuk usaha Koperasi dan UMKM kepada warga di lingkungan Kantor Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pakpak Bharat, Sumut, Kamis (24/11/2022).

"Saya pesankan supaya alat-alat ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya, jaga dan rawat dengan baik, harapan besar saya supaya Usaha Koperasi, UMKM dan Perdagangan kita semakin maju dan berkembang,"ujar Bupati Franc.

"Semoga dengan bantuan alat-alat ini semakin memacu bapak dan ibu sekalian untuk semakin berkarya, berinovasi demi kemajuan kita bersama, majulah Koperasi kita, majulah UMKM kita, nduma Pakpak Bharat,"pungkas dia.

Sebelumnya, Bupati Franc mengatakan bahwa geliat UMKM di Kabupaten Pakpak Bharat yang tumbuh dengan pesat merupakan salah satu faktor penting dalam membangun sistem perekonomian yang sempat mengalami keterpurukan pasca-pandemi coviid 19 melanda seluruh negeri.

Bantuan Peralatan UMKM di Pakpak Bharat dari Pemprov
Ketua TP PKK Pakpak Bharat Ny.Juniatry Franc Tumanggor menunjukkan produk UMKM Pakpak Bharat di Kantor Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pakpak Bharat, Kamis (24/11/2022).

Lebih lanjut, Franc Tumanggor menjelaskan, banyak dukungan-dukungan konkrit yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat bagi kemajuan UMKM Pakpak Bharat ini. Seperti di antaranya adalah dengan pemberian modal usaha yang cukup baik melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan menggandeng beberapa Bank penyedia skema KUR, dan juga bantuan-bantuan peralatan seperti saat ini dilakukan.

"Kita sangat memahami betul bahwa 80 persen perekonomian Indonesia ada di sektor UMKM, dan oleh karenanya kita tidak bisa membiarkan mereka begitu saja, harus kita dorong terus ke arah yang berkemajuan, ujar Bupati Franc Tumanggor.

Adapun bantuan sejumlah peralatan ini diserahkan di lingkungan Kantor Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pakpak Bharat.

Bantuan UMKM di Pakpak Bharat
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor didampingi Ketua TP PKK Pakpak Bharat Ny.Juniatry Franc Tumanggor serta Kadis Elhidayat Berutu, menyerahkan bantuan sejumlah peralatan untuk usaha Koperasi dan UMKM kepada warga di lingkungan Kantor Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pakpak Bharat, Sumut, Kamis (24/11/2022).

Peran Penting Bupati Franc Meyakinkan  Pemprov Sumut 

Sementara, Kepala Dinas (Kadis) Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pakpak Bharat, Elhidayat Berutu, menjelaskan bahwa peralatan-peralatan yang dibagikan ini merupakan bantuan dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumut.

Hal ini diberikan guna membantu peningkatan UMKM dan Koperasi di Kabupaten Pakpak Bharat.

"Ini merupakan upaya dan kerja keras dari bapak Bupati (Franc Tumanggor) untuk meyakinkan para pimpinan kita di Pemerintahan Provinsi (Pemprov Sumut), bahwa UMKM kita di Kabupaten Pakpak Bharat ini sangat memerlukan peralatan-peralatan serupa ini, dan Alhamdulillah kita sudah terima dan langsung dibagikan hari ini,"jelas dia. (*/Tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved