Berita Nasional

Pengamat Sebut Jenderal Andika Berpeluang Besar Ikut Politik dan Layak Maju Sebagai Cawapres

Pengamat menilai Jenderal Andika Perkasa berpeluang masuk politik dan ikut kontestasi Pilpres pada 2024 nanti. 

DOK TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa 

TRIBUN-MEDAN.com - Pengamat menilai Jenderal Andika Perkasa berpeluang masuk politik dan ikut kontestasi Pilpres pada 2024 nanti. 

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa purnatugas pada 21 Desember 2022 mendatang.

Sejumlah pihak meramal kalau mantan KSAD itu akan terjun ke dunia politik dan bakal meramaikan gelaran Pilpres 2024.

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago elektabilitas dari Andika Perkasa memang masuk salah satu yang diperhitungkan dari hasil sejumlah lembaga survei.

Bahkan, bila dia nanti ditarik menjadi menteri, bukan tidak mungkin elektabilitasnya bisa mengeser nama bakal cawapres seperti Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa dan Ridwan Kamil.

"Saya melihat beliau layak menjadi cawapres apakah Ganjar maupun cawapres Anies. Karena beliau termasuk yang terpotret bagus di hasil temuan Voxpol cawapres ideal," kata Pangi kepada KOMPAS.TV, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Pengungsi Gempa Cianjur Kesal, Banyak Pengunjung Datang Berfoto dan Rekam Video di Tenda Korban

Baca juga: Resep Tumis Ayam Jamur dan Cara Membuatnya, Menu Pelengkap untuk Makan Malam

Ia menyebut, panggung sebagai menteri nanti bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan magnet elektoralnya. Terlebih, bila kinerjanya bagus, otomatis elektabilitas menjadi bonus dari ikhtiar kinerjanya.

"Panglima TNI saya cermati mereka punya bakat politik. Bahkan beliau pernah masuk nominasi bakal capres dari Nasdem, itu artinya beliau punya kans untuk menjadi capres maupun cawapres, berpeluang menjadi kuda hitam yang dipersiapkan Jokowi," ujarnya.

Hal senada dikatakan, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Ia mengatakan, sejak lama Andika dikaitkan dengan Pemilu 2024, bahkan sejak duduk sebagai KSAD.

"Andika juga punya modal politik memadai. Mantan panglima TNI dan sudah dikenal luas publik. Modal besar untuk ke politik," ujarnya.

Selain itu, mungkin juga Andika tak langsung terjun ke politik tapi terus bekerja dan mengabdi ke negara dengan cara lain. Misalnya dengan membina rakyat secara langsung, kerja-kerja pembedayaan, dan lainnya.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk KSAL Yudo Margono Menjadi Calon Panglima TNI Gantikan Jenderal Andika Perkasa

"Tapi, Andika sepertinya lebih condong terjun ke politik karena sudah punya modal politik dan ada partai yang tertarik mengusung seperti Nasdem," ujarnya.

Baca juga: Reza Arap Santai Digugat Cerai, Pilih Nikmati Hidup dengan Minum Alkohol dan Party

Baca juga: Ragu Penanganan Bareskrim Dipimpin Komjen Agus, IPW Desak Kapolri Audit Berkas Kasus yang Dihentikan

(*)

Berita sudah tayang di kompas.tv

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved