Breaking News:

Viral Medsos

Demokrat Sindir Presiden Jokowi Soal Ciri-ciri dan Sosok Pemimpin yang Mementingkan Rakyatnya

Herzaky berpendapat, ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat adalah seseorang yang mempunya visi besar untuk negara. 

Editor: Abdi Tumanggor
HO
Foto Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo, Jawa Tengah. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menilai, pemimpin yang memikirkan rakyat dilihat dari rekam jejak bukan dari penempilan fisik.

Hal itu disampaikan Herzaky menanggapi ciri-ciri pemimpin yang disampaikan Presiden Joko Widodo kepada relawannya dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, pada Sabtu (26/11/2022).

"Pemimpin yang memikirkan rakyat itu dilihat dari jejak rekamnya. Gagasannya, idenya, karyanya, untuk bangsa dan negara," ujar Herzaky, Minggu (27/11/2022).

Herzaky berpendapat, ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat adalah seseorang yang mempunya visi besar untuk negara. 

Sosok tersebut, juga kerap berbagi pemikiran dan memberikan usulan solusi untuk permasalahan-permasalahan bangsa di berbagai forum ilmiah ataupun forum publik.

Ia menilai, pemimpin yang memikirkan rakyat adalah pemimpin yang mencari solusi untuk permasalahan yang ada di dalam masyarakat, bukan hanya pencitraan memberikan bantuan kepada masyarakat.

"Berani memperjuangkan nasib rakyat kecil, berupaya membantu rakyat yang sedang kesulitan, mau duduk bareng dengan rakyat dan mendengarkan keluhannya," papar Herzaky.

"Bukan dari penampilan fisik ataupun jadi artis di media sosial, pencitraan seakan-akan dekat dengan rakyat tapi, saat rakyatnya ditindas, diintimidasi, ditekan, malah diam seribu bahasa," ucapnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Tekankan Agar Memilih Pemimpin yang Memikirkan Rakyat, Berikut Ciri-cirinya

Diketahui, Presiden Jokowi memberi pengarahan khusus kepada relawannya dalam memilih sosok pemimpin yang akan meneruskan kinerjanya setelah 2024 mendatang.

Acara yang digelar di Stadion Utama GBK itu diikuti oleh ribuan relawan Jokowi dari berbagai daerah dan elemen masyarakat.

Jokowi menilai, ada sejumlah ciri pemimpin yang memikirkan kondisi rakyat secara serius.

Ciri-ciri itu menurutnya tampak jelas secara fisik sehingga bisa dicermati masyarakat.

"Perlu saya sampaikan, perlu saya sampaikan, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan. Dari penampilannya itu kelihatan, nanyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada! Ada itu," ungkap Jokowi sambil tersenyum.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya. Dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga lihat rambut rambutnya, wah kalau rambutnya putih semua ini mikirin rakyat ini," tegasnya.

Baca juga: Jokowi: Kalau Rambutnya Putih Semua, Ini Mikirin Rakyat

(*/tribun-medan.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sindir Jokowi, Demokrat: Pemimpin Bukan Dilihat dari Fisik atau Citranya, Seolah Dekat Rakyat"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved