Breaking News:

Berita Sumut

Berbeda dari Tahun Sebelumnya, Inilah Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023

Berdasarkan keputusan Kementrian Pendidikan dan Budaya Nadiem Makarim, terkait beberapa perubahan pada seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023.

TRIBUN MEDAN / ANISA RAHMADANI
Sejumlah calon mahasiswa baru USU sedang mengikuti ujian SBMPTN, waktu lalu. Berikut ini Rincian UKT di USU Jalur SBMPTN Tahun 2022 di USU. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Berdasarkan keputusan Kementrian Pendidikan dan Budaya Nadiem Makarim, terkait beberapa perubahan pada seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023.

Sebagai calon mahasiswa baru, tentu kita harus terus update agar kita tidak ketinggalan informasi mengenai jalur masuk SNPMB 2023. Berikut Tribun Medan rangkum penjelasan mengenai jalur masuk perguruan tinggi di tahun 2023.

SNPMB adalah Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru dimana semulanya untuk penerimaan mahasiswa baru di selenggarakan oleh LTMPT. Namun, pada tahun 2023 nanti untuk seleksi ini akan di selenggarakan oleh Balai Pengelolaan Penguji dan Pendidikan BP3.

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP)

SNMPTN berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi SNBP. Mekanisme baru ini akan menggunakan nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran.

Berbeda dengan SNMPTN sebelumnya, SNBP akan mempertimbangkan prestasi berdasarkan dua komponen penilaian yaitu:

Komponen pertama dihitung dari nilai nata-rata rapor seluruh mata pelajaran, dengan bobot minimal 50 persen.

Sedangkan komponen kedua akan digunakan dengan bobot maksimal 50 persen, pada dua nilai mata pelajaran pendukung untuk program studi (prodi) yang dipilih.

SBMPTN berubah menjadi SNBT

Pada awalnya seleksi masuk PTN dengan menggunakan jalur tes adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan pada saat ini dengan keputusan mentri pendidikan dan budaya Nadiem makarim pada tahun 2022 ini seleksi dengan tes akan berupah menjadi SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

SNBT adalah jalur tes yang dilakukan dengan menggunakan ujian tes berbasis komputer, berbeda dengan sebelumnya SNBT ini tidak ada tes mata pelajaran TKA Saintek ataupun Soshum, pada SNBT ini hanya fokus kepada tes skolastik saja.

SNBT hanya akan melaksanakan satu tes saja, yaitu Tes Skolastik yang terdiri dari Potensi Kognitif, Penalaran Matematika, Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris.

Jadwal resmi SNBP dan SNBT 2023

Jadwal SNBP 2023

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved