Berita Sumut

Enam Unit Rumah di Toba Hangus Dilahap Si Jago Merah

Meski terbilang cepat tiba di lokasi, petugas  pemadam kebakaran (Damkar) sangat kewalahan memadamkan api

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Royandi Hutasoit
TRIBUN MEDAN/ HO
Rumah terbakar di Kecamatan Uluan, Toba pada Senin (28/11/2022). Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat dan Wakil Bupati Tonny M Simanjuntak berada di tenda penampungan yang berada di lokasi tersebut. 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Enam unit rumah beserta isinya hangus dilahap si jago merah di Dusun I Pasar Lapo, Desa Sibuntuon, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba, Senin (28/11/2022) sekira pukul 10.30 WIB.

Setelah tim pemadam kebakaran berjuang keras, api baru berhasil dipadamkan sekira pukul 17.45 WIB. Kasi Humas Polres Toba Iptu Bungaran Samosir mengutarakan perihal perkiraan kerugian akibat kebakaran tersebut.

"Atas peristiwa ini, kerugian ditaksir berkisar Rp. 1,5 Miliar. Meski demikian kita bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ujar Kasi Humas Polres Toba Iptu Bungaran Samosir, Selasa (29/11/2022).

Selanjutnya, ia menyampaikan, Personel Kepolisian dari Polsek Lumban Julu tiba di lokasi setelah menerima laporan warga adanya kebakaran di Desa Sibuntuon. Sekira pukul 11.45 WIb, 3 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi.

"Meski terbilang cepat tiba di lokasi, petugas  pemadam kebakaran (Damkar) sangat kewalahan memadamkan api. Kuatnya hembusan angin serta jauhnya lokasi pengisian air menjadi kendala utama pemadaman," sambungnya.

Berdasarkan keterangan salah seorang saksi mata Juwita boru Marbun (45), saat kejadian kondisi desa sedang sepi dan pemilik rumah yang bekerja sebagai petani sedang berada di sawah dan ladang.

Lalu seorang anak laki-laki mengadu kepada saksi, telah terjadi kebakaran pada salah satu rumah warga.

Saksi Juwita lalu pergi ke kantor desa yang tidak jauh dari lokasi kejadian dan memberitahukan serta meminta bantuan untuk memadamkan api tersebut.

Dugaan sementara penyebab kebakaran akibat terjadinya kontak arus pendek. Personel yang bertugas telah melakukan pendataan.

"Adapun keenam korban tersebut adalah, Osman Manurung (82), Lastia Butarbutar (41), Samson Marbun (38), Nurkia Siadari (65),  Posman Manurung (66) dan Lukman Manurung (49)," sambungnya.

Ia mengutarakan, pemadaman secara manual telah dilakukan masyarakat sekitar sambil menunggu damkar tiba.

"Jadi sebelum Damkar tiba, warga bersama aparat melakukan pemadaman secara manual," ungkapnya.

"Sayangnya enam unit rumah hangus berikut 1 unit mobil Xenia, 1 unit sepeda motor Supra Fit, perabotan rumah tangga, Padi, biji jagung, pupuk kimia dan yang lainnya," terangnya.

Pasca kebakaran, pihak kepolisian memastikan pengamanan berjalan dengan aman, tenda bantuan untuk tempat tinggal korban sementara telah terpasang, logistik untuk dapur umum telah tersedia dari dinas Sosial Kabupaten Toba dan diserahkan secara simbolis kepada Camat dan Kepala Desa untuk diserahkan kepada  keenam korban.

(cr3/tribun-medan.com)

Keterangan Foto: (TRIBUN MEDAN/ HO) Rumah terbakar di Kecamatan Uluan, Toba pada Senin (28/11/2022). Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat dan Wakil Bupati Tonny M Simanjuntak berada di tenda penampungan yang berada di lokasi tersebut. 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved