News Video

KPU Dairi Sosialisasi Tiga Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Dairi

KPU Kabupaten Dairi lakukan sosialisasi Rancangan Penataan Dapil dan alokasi kursi Anggota DPRD Kabupaten Dairi

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Fariz

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi melakukan sosialisasi Rancangan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dairi, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel One's Sidikalang dengan mengundang seluruh perwakilan partai politik yang akan bertanding dalam pemilu 2024, serta stakeholder ataupun pemangku kepentingan terkait.

Kordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Dairi, Asih Firmansyah Solin mengatakan, dalam Penataan Dapil tersebut, harus berdasarkan 7 prinsip dalam penataan Dapil dan Alokasi kursinya.

"Sesuai keputusan KPU RI nomor 457 Tahun 2022, bahwasanya alokasi kursi KPU Dairi sebanyak 35 (tiga puluh lima) kursi," Ujarnya.

Asih menjelaskan, penetapan Dapil tahun 2024 mendatang harus di tata ulang, mengingat adanya pergeseran jumlah penduduk sehingga pada Dapil pemilu 2019 yang lalu.

"Sesuai dengan data kependudukan yang sesuai dengan Keputusan KPU nomor 457 Tahun 2022 tadi, jumlah penduduk di Dapil 1 alokasi kursi DPRD nya akan bertambah. Sehingga harus dilakukan penataan ulang untuk Dapil yang lainnya, " Terang Asih.

Dalam sosialisasi tersebut, KPU Dairi mensosialisasikan 3 rancangan penataan dapil yang akan disampaikan kepada KPU RI.

Maka dari itu, sebelum diserahkan ke KPU RI, KPU Dairi memberikan kesempatan kepada para pengurus partai politik dan masyarakat ataupun pemangku kepentingan untuk memberikan masukan dan tanggapan tentang rancangan tersebut.

"Seperti kita ketahui, yang menetapkan data itu adalah KPU RI. Jadi harapan kita kepada masyarakat, khususnya kepada pemangku kepentingan ataupun partai politik yang akan bertarung dalam pemilu 2024, sehingga mereka tahu dapil mana yang ditetapkan untuk pemilu mendatang, " Tutupnya.

(cr7/www.tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved