Breaking News:

Sosok

Sosok Habiburrahman Sinuraya, Putra dari Rusdi Sinuraya yang Kini Jadi Anggota DPRD Medan

Habiburrahman Sinuraya terpilih menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan untuk periode 2019 - 2024.

Penulis: Istiqomah Kaloko | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Sosok Habiburrahman Sinuraya 

TRIBUN-TRIBUN-MEDAN.COM - Habiburrahman Sinuraya atau yang lebih dikenal dengan nama Habib Sinuraya merupakan seorang politisi dari Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Pada pemilu legislatif 17 April 2019 lalu, Habiburrahman Sinuraya terpilih menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan untuk periode 2019 - 2024.

Habiburrahman Sinuraya terpilih menjadi Anggota DPRD melalui daerah pilih (dapil) V yang meliputi Kecamatan Medan Sunggal, Medan Selayang, Medan Johor, Medan Tuntungan, Medan Polonia dan Medan Maimun.

Habiburrahman lahir di Medan pada 10 Maret 1996. Saat ini ia berusia 26 tahun.

Pria berusia 26 tahun ini merupakan putra dari mantan Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya.

Habiburrahman Sinuraya merupakan alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Medan. Habiburrahman menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atasnya pada tahun 2012. 

Pada tahun yang sama, Habiburrahman melanjutkan pendidikan Sarjananya ke Politeknik Negeri Medan (Polmed) dengan mengambil jurusan Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan dan Teknik Sipil.

Lulus pada tahun 2017, Habiburrahman kemudian terjun ke dunia politik dan bergabung dengan partai Nasdem.

Dibawah partai yang dipimpin oleh Surya Paloh itulah Habiburrahman memulai karir politiknya. Pada tahun 2019 lalu, Habiburrahman memberanikan diri untuk maju ke pemilu legislatif. 

Siapa sangka, pada pemilu itu pula Habiburrahman Sinuraya menjadi 1 diantara 12 orang lainnya terpilih menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan periode 2019 - 2024.

Habiburrahman mengatakan bahwa proses keterpilihannya sebagai legislator mewakili generasi millenial juga generasi z yang dikenal sebagai baby boomer.

Meski sosok pendatang baru di dunia politik, Habiburrahman Sinuraya percaya bahwa ia dapat memberikan warna baru dalam progres penciptaan kebijakan di DPRD kota Medan.

Saat terpilih menjadi anggota DPRD, Habiburrahman mendapatkan pesan dari sanga ayah, Rusdi Sinuraya.

Rusdi Sinuraya menekankan satu hal yang harus benar-benar dipedomani oleh Habiburrahman, yakni menjaga amanah yang telah diberikan oleh rakyat. 

Habiburrahman juga diminta untuk tidak menghianati kepercayaan rakyat yang telah memilihnya serta jangan pernah menjadi orang yang sombong.

Pada September 2019 lalu, Habiburrahman Sinuraya beserta 49 anggota DPRD lainnya resmi dilantik di gedung DPRD Kota Medan.

Pelantikan itu ditandai dengan pengucapan sumpah ke-50 anggota dewan yang baru, yang ditetapkan berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur Sumut.

Diantara 50 Anggota DPRD tersebut, 17 orang diantaranya merupakan wajah lama (petahana) sedangkan sisanya sebanyak 33 orang merupakan wajah baru.

(cr31/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved