Breaking News:

40 Pelaku Usaha Muda Hadiri Jambore Kewirausahaan Pemuda

para pelaku usaha muda ini menghasilkan berbagai produk seperti makanan, minuman, kreativitas ...

Penulis: Diana Aulia | Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan/Diana
Sekitar 40 tenant Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pemuda berdiri di Lapangan Pertiwi Medan dalam acara Jambore Kewirausahaan Pemuda Kota Medan 2022, Rabu (30/11/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sekitar 40 tenant Pelaku UMKM) pemuda berdiri di Lapangan Pertiwi Medan dalam acara Jambore Kewirausahaan Pemuda Kota Medan 2022, Rabu (30/11/2022).

Acara yang diselenggarakan Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan, kesadaran nasional, rasa cinta Tanah Air, serta meningkatkan keterampilan dan kreativitas wirausaha muda yang berdaya saing dalam menggerakkan serta menyokong perekonomian Medan.

"Keseluruhannya ada 40 tenant yang hadir pada acara ini, termasuk dari instansi pemerintah dan kurang lebih ada 32 tenant dan 6 food car yang diisi oleh pelaku usaha muda Kota Medan," ucap Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Irwan K Pane kepada Tribun Medan.

Dikatakannya, para pelaku usaha muda ini menghasilkan berbagai produk seperti makanan, minuman, kreativitas, daur ulang, fashion, dan lainnya.

Baca juga: Buka Pekan KHAS, Wali Kota Bobby: Medan Kota Pertama Gratiskan Pengurusan Sertifikat Halal UMKM

"Banyak macam lah produknya ada dari kreativitas, makanan kuliner, fashion, daur ulang, dan masih banyak lagi," tuturnya.

Para pelaku usaha yang hadir pada acara ini juga akan diperlombakan dengan kategori terunik, kreativitas, inovasi, dan indah.

"Stand- stand ini kita perlombakan, nanti ada juara 1,2, dan 3 kemudian juga ada harapan 1,2, dan 3 dengan persyaratannya mereka harus berusia 16 hingga 30 tahun yang boleh ikut perlombaan, berdomisili di Kota Medan dan yang ketiga dia harus mempunyai Nomor Induk Berusaha," imbuhnya.

Selain itu, Dispora Medan juga menghadirkan stand perizinan bagi pelaku usaha yang ingin mengurus Nomor Induk Berusaha secara gratis dan terbuka untuk seluruh pelaku UMKM di Kota Medan.

"Selain itu kamu juga menyediakan stand untuk seluruh pelaku usaha Kota Medan yang ingin mengurus NIB untuk usahanya," imbuhnya.

Diketahui, Jambore Kewirausahaan Pemuda 2022 ini merupakan acara pertama yang dilakukan oleh Pemko Medan dan ke depannya akan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya.

"Acara ini pertama dilaksanakan dan insyaallah akan berlangsung setiap tahunnya dalam acara Hari Sumpah Pemuda.Dan ini juga merupakan program Pak Wali untuk meningkatkan dunia usaha di kalangan pemuda, hingga ke tingkat kelurahan," imbuhnya.

Selain pameran kewirausahaan, acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai penampilan seperti esport, stand up comedy, dan hiburan musik untuk masyarakat di sekitar Lapangan Pertiwi.

Dia berharap acara ini dapat memotivasi para pemuda Kota Medan agar bisa menggalakkan dunia wirausaha di Kota Medan.

“Event ini setiap tahun kita lakukan supaya pemuda Kota Medan memiliki antusias untuk mempunyai usaha mandiri dan lebih kreatif," jelasnya.

Terpisah, Eko satu diantara pelaku UMKM yang hadir pada acara tersebut mengatakan, acara yang digalakkan oleh Pemerintah Kota Medan ini sangat bagus dan dapat membantunya dalam promosi. "Acaranya bagus, sering-sering lah Pemerintah Kota Medan membuat acara seperti ini," pungkasnya.

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved