Breaking News:

Kulturfest Perkenalkan Budaya Jerman, Ada Banyak Jenis Perlombaan

Kegiatan Kulturfest 2022 bertujuan untuk memperkenalkan budaya negara Jerman di Universitas Negeri Medan

Penulis: Husna Fadilla Tarigan | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/Husna Fadillah
Prodi Bahasa Jerman Universitas Negeri Medan gelar Kulturfest 2022, perkenalkan budaya Jerman lewat kompetisi. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Unimed mengadakan kegiatan ‘Kulturfest 2022’ di Pelataran FBS Unimed. Kegiatan berlangsung selama dua hari mulai 29 – 30 November 2022.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Bildung beschreibt Kultur (Pendidikan Mencerminkan Budaya) ini dibuka Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni Dr Wahyu Tri Atmojo, MHum, serta dimeriahkan ratusan siswa SMA, SMK, dan MA di Sumatra Utara.

Kegiatan Kulturfest 2022 bertujuan untuk memperkenalkan budaya negara Jerman di Universitas Negeri Medan serta mempererat persaudaraaan antar mahasiswa Bahasa Jerman dengan para dosen dan siswa dari berbagai sekolah di Sumatra Utara.

Selain itu tujuan lainnya adalah meningkatkan kreativitas dan intelektualitas mahasiswa, dan memperkenalkan budaya negara Jerman di Indonesia khususnya di Sumut, dan memperkenalkan pembelajaran Bahasa Jerman pada kalangan siswa SMA, SMK, dan MA yang mempelajari Bahasa Jerman.

Baca juga: 4 Tahun Menanti, Pasangan Artis Ini Akhirnya Dikaruniai Anak Pertama, Namanya dari Bahasa Jerman

Berbagai lomba berbau Bahasa Jerman yang dilaksanakan seperti Kemampuan Bahasa Jerman Tingkat A1, Cerdas Cermat, Susun Kata, Pop Song, Dongeng/Drama, Lomba Fashion Budaya, Tarian Budaya, Poster, Puisi, Debat, Pidato, Kelas Terbaik, dan lomba Makan Roti Jerman.

Kulturfest 2022 yang dilaksanakan ini dimeriahkan dengan penampilan Putra dan Putri Jurusan Bahasa Jerman dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni Dr Wahyu Tri Atmojo, Mhum menyampaikan jika kegiatan ini adalah momentum luar biasa karena dapat memperluas informasi terkait budaya lain.

"Kegiatan ini momen yang sungguh luar biasa karena sudah berapa tahun tidak terlaksana karena pandemik Covid-19. Kami sebagai pimpinan Fakultas sangat mengapresiasi dan sangat menyambut baik kegiatan ini karena dengan kegiatan ini dapat saling bertukar informasi tentang perancangan struktur kurikulum di Prodi masing-masing. Prodi Bahasa Jerman berusaha selalu eksis, selain sosialisasi ke daerah untuk menjaring mahasiswa dan terbukti prodi Bahasa Jerman tiap tahun pendaftar selalu meningkat masuk prodi pendidikan Bahasa Jerman. Semoga dengan kegiatan ini bisa memotivasi semua mahasiswa untuk bisa tahun depan masuk ke Prodi Bahasa Jerman. Semoga acara acara ini berlangsung dengan baik dan lancar," katanya.

Ketua Panitia Aurel Goklas menyampaikan antusiasnya dalam mempersiapkan kegiatan budaya ini.

"Karena budaya itu penting sama kaya pendidikan dan dari pendidikan itu kita bisa menunjukkan budaya kita sendiri, karena itu kami mengusung tema Bildung Beschreibt Kultur atau pendidikan mencerminkan kebudayaan," ungkap Aurel Goklas.

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved