Viral Medsos

Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur Tak Perlu ke Lokasi Bencana, Berikut Ini Daftar Posko Terpusat

Lantaran banyaknya pemberi bantuan yang datang langsung ke lokasi bencana, justru membuat kemacetan.

Editor: Abdi Tumanggor
HO
Kisah mengharukan terjadi di Gempa Cianjur, pasangan suami istri Pasutri selamat dar gempa yang mengguncang Cianjur, Senin (21/11/2022) lalu. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Pemkab Cianjur dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta berbagai kalangan yang hendak berdonasi untuk korban gempa bumi Cianjur, agar menyalurkannya melalui posko terpusat pemerintah dan posko terpusat organisasi kemanusiaan yang terpercaya.

Hal itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan terutama untuk memudahkan proses evakuasi dan penanganan cepat tim gabungan. Lantaran banyaknya pemberi bantuan yang datang langsung ke lokasi bencana, justru membuat kemacetan.

"Silahkan berdonasi untuk meringankan beban warga korban gempa, tapi jangan sampai menggunakan banyak kendaraan karena akan menghambat proses evakuasi dan penyaluran logistik ke posko kesehatan di pengungsian, terutama kendaraan taktis yang digunakan untuk evakuasi warga yang sakit," kata Bupati Cianjur Herman Suherman beberapa hari lalu.

Posko terpusat juga memudahkan penghimpunan data maupun informasi yang dibutuhkan publik serta media mengenai jumlah hingga kondisi korban gempa Cianjur. Posko terpusat seperti itu juga memiliki data dan sistem penyaluran bantuan yang lebih baik, serta selalu terupdate. Sehingga bantuan dapat disalurkan tepat sasaran kepada masayrakat sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga pemberi bantuan tak perlu terjun langsung ke lokasi bencana dan bisa diselesaikan oleh tim yang berpengalaman.

Berikut daftar posko terpusat Pemkab Cianjur serta instansi lainnyalainnya dikutip dari berbagai sumber:

1. Pendopo Kabupaten Cianjur

Pendopo Kabupaten Cianjur berlokasi di Jl. H. Siti Jenab No. 31, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Nomor telepon: (0263) 261890.

Di sini ada sejumlah posko pengungsian, dapur umum, tenda darurat media, dan gudang logistik yang menampung bantuan dari berbagai pihak. Logistik tersebut kemudian disalurkan ke seluruh wilayah terdampak gempa di Cianjur.

2. BPBD Cianjur

Kantor pusat BPBD Cianjur terletak di Jl. Siliwangi Gang Lika (Gudang Aspal) No. 315, dengan nomor telepon (0263) 2912416.

Di kantor BPBD Cianjur juga terdapat Tim Reaksi Cepat (TRC) yang menyalurkan bantuan ke desa-desa yang sulit dijangkau menggunakan motor trail.

3. Polres Cianjur

Markas Polres Cianjur terletak di Jalan KH. R. Abdullah Bin Nuh No. 83, Nabrak.  Kontak nomor telepon (0263) 265444. Polres Cianjur juga punya tim yang menyalurkan bantuan menggunakan motor trail ke wilayah pegunungan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved