Viral Medsos

Yudo Margono Ngaku Kantongi Restu Andika Perkasa untuk Maju Jadi Panglima TNI

Co-Founder Indonesia Strategic and Defence Studies (ISDS) Edna Caroline Pattisina menyatakan kedekatan itu sedikit banyak membuat Jokowi memilih Yudo

Editor: Abdi Tumanggor
HANDOUT
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang didampingi sang istri, Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono dengan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang juga didampingi istri, Hetty Perkasa, menjadi sorotan publik. Pertemuan keduanya kali ini terjadi di Markas Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021) lalu. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Kedekatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dinilai mempengaruhi keputusan Presiden Joko Widodo.

Co-Founder Indonesia Strategic and Defence Studies (ISDS) Edna Caroline Pattisina menyatakan kedekatan itu sedikit banyak membuat Jokowi memilih Yudo sebagai calon Panglima TNI.

Apalagi, hubungan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman dengan Andika dikabarkan sempat renggang.

“Yang menarik memang hubungan Pak Yudo dan Pak Andika relatif lebih baik kayaknya dari pada Pak Andika dan Pak Dudung,” ujar Edna dalam program Gaspol! di YouTube Kompas.com, Selasa (29/11/2022).

Manfaatnya, lanjut Edna, Yudo kerap muncul di muka publik karena sering menemani Andika dalam berbagai kesempatan.

Jelang pergantian Panglima, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono terlihat semakin mesra dengan Jenderal Andika Perkasa.
Jelang pergantian Panglima, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono terlihat semakin mesra dengan Jenderal Andika Perkasa. (Istimewa)

“Kayak di Garuda Shield yang eksis Angkatan Laut, yang muncul Pak Yudo,” katanya. Ia menduga hubungan baik itu membuat Andika merekomendasikan pada Jokowi siapa figur yang layak menggantikannya.

“Jadi make sense saja Pak Jokowi pasti tanya ke Pak Andika kan, menurut Panglima TNI siapa nih (yang menggantikannya),” sebut dia.

Diketahui Istana telah mengirimkan Surat Presiden (Surpres) calon Panglima TNI ke DPR RI, Senin (28/11/2022).

Ketua DPR Puan Maharani mengungkapkan Jokowi memilih Yudo sebagai calon tunggal Panglim TNI.

Nantinya surat tersebut bakal ditindaklanjuti dengan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test oleh Komisi I DPR.

(*/tribun-medan.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KSAL Yudo Margono Disebut Kantongi Restu Andika Perkasa untuk Maju Jadi Calon Panglima TNI"

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved