News Video

Sungai Asahan Masuk Peringkat 3 Dunia Olahraga Ekstrem Sport, Atlet Olimpiade Tokyo Kagum

Sungai Asahan kembali digunakan sebagai tempat olahraga ekstrim kayak bertajuk Festival Advanture Festival

Penulis: Alif Al Qadri Harahap | Editor: Fariz

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Sungai Asahan kembali digunakan sebagai tempat olahraga ekstrim kayak bertajuk Festival Advanture Festival, Sabtu(3/12/2022).

Sungai yang terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan itu diketahui sebagai lokasi ekstrim sport terbaik nomor 3 dunia.

"Festival ini kami buat untuk mempromosikan sungai Asahan sebagai destinasi wisata ke publik Internasional tentunya. Karena sungai Asahan ini merupakan sungai terbaik nomor tiga dunia untuk olahraga ekstrim kayak," kata Alfred Ginting, penyelenggara Toba Caldera Advanture Festival.

Katanya, sungai Asahan merupakan sungai yang sangat terkenal di luar Indonesia. Namun, dikarenakan jarak dan fasilitas jalan yang sulit, sehingga tidak semua orang bisa menempuhnya.

"Diluar sana, Asahan ini sangat terkenal. Namun karena jarak dan akses kesini yang masih sulit, sehingga belum banyak yang ke sini. Seperti penginapan, transportasi, itu belum banyak, sehingga kami dari Inpact Advanture Australia memfasilitasi para atlet kemari," katanya.

Katanya, untuk peserta yang ikut di Toba Caldera Advanture Festival ini terdapat 16 orang peserta yang terbagi 10 orang peserta berasal dari Eropa, Dua peserta Malaysia, dan empat atlet nasional Indonesia.

Yang menariknya, para atlet tersebut merupakan atlet pro kayak internasional yang sudah biasa mengikuti kejuaraan hingga atlet olimpiade.

"Ada Martina, atlet nasional Belanda yang kemarin turun di Olimpiade Tokyo, juga beberapa ada atlet lainnya yang sudah biasa mengikuti kejuaraan dunia," katanya.

Jelasnya, ada empat kategori yang dilombakan di Sungai Asahan, mulai dari kategori Race(Elite) hingga Salalom.

Martina, atlet asal Belanda mengaku kagum dengan sungai Asahan yang memiliki arus kuat tersebut.

"Ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Ini merupakan pengalaman pertama saya ke sini dan Sungai Asahan," kata Martina.

Ia mengaku sempat kaget dikarenakan ombak yang besar dan memiliki rintangan yang sangat menantang.

"Ombaknya besar, airnya deras, lokasinya bagus dan indah, masyarakatnya juga ramah-ramah. Ini sempurna," ujarnya.

(cr2/www.tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved