Breaking News:

Polda Sumut

Jadi Bagian Pementasan Budaya Ketoprak, Irjen Pol Suwondo: Tantangan Tersendiri

Dirinya mengaku, berperan dalam pementasan ketoprak tersebut merupakan sebuah tantangan pengalaman tersendiri.

Editor: Sofyan akbar
Istimewa
Beberapa pejabat di Polda DIY menjadi pemain ketoprak dan melakoni Crah Agawe Bubrah, Rukun Agawe Santosa. Kegiatan ini dilakukan di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Gondomanan Kota Yogyakarta, DIY, Sabtu 3 Desember 2022, kemarin. 

Jadi Bagian Pementasan Budaya Ketoprak, Irjen Pol Suwondo: Tantangan Tersendiri

TRIBUN-MEDAN.com - Beberapa pejabat di Polda DIY menjadi pemain ketoprak dan melakoni Crah Agawe Bubrah, Rukun Agawe Santosa. Kegiatan ini dilakukan di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Gondomanan Kota Yogyakarta, DIY, Sabtu 3 Desember 2022, kemarin.

Terlihat juga Irjen Pol Suwondo Nainggolan tampak bermain ketoprak. Pria dengan bintang dua dipundaknya ini baru menjabat sebagai Kapolda DIY dan langsung memerankan tokoh Botoh Dirga.

Kegiatan pementasan ketoprak ini berlangsung selama dua jam dan menceritakan sosok Ki Jaya Sudarga (Romo Banar) yang berperan sebagai seorang saudagar terkaya di Yogyakarta yang terhasut untuk menjadi seorang lurah.

Disela pementasannya, Jenderal Polri berdarah Batak ini menyampaikan sangat bahagia menjadi bagian dari pementasan budaya ketoprak tersebut.

"Saya bahagia menjadi bagian dari kebudayaan Jawa di Yogyakarta ini," tuturnya.

Dirinya mengaku, berperan dalam pementasan ketoprak tersebut merupakan sebuah tantangan pengalaman tersendiri.

"Ini kebahagiaan tersendiri bagi saya bersama dengan yang lainnya berada di tengah masyarakat," tambahnya.

Selain Kapolda, yang turut bermain ketoprak itu adalah Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI Puji Cakyono, Gubernur AAU Marsda TNI Eko Dono Indarto, Komandan Lanal Yogyakarta Letkol Laut (KH/W) Damayanti, dan Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Joko Sugeng, dan Danlanud Adisutjipto Marsma Azhar Aditama.

Selain para jenderal, sejumlah pejabat Forkompinda DIY dan tokoh di Yogyakarta juga ikut serta ambil bagian dalam pementasan ketoprak ini.

Pentas Seni Rakyat Ketoprak yang diinisiasi oleh Gubernur DIY tersebut merupakan kolaborasi pejabat dan masyarakat yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Pemda DIY.

(akb/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved