Sidang Ferdy Sambo

Mulai Awal Bohong Sembunyi Balik Kulkas, Kini Bohong Lagi, Hakim Geram: Coba Ingat Anak Istrimu!

Ricky Rizal menjadi terdakwa lkontroversial dalam perkara pembunuhan Yosua Hutabarat. Ricky sempat mengaku bersembunyi di balik kulkas ketika Ferdy Sa

HO
Ricky Rizal menjadi terdakwa kontroversial dalam perkara pembunuhan Yosua Hutabarat. Ricky sempat mengaku bersembunyi di balik kulkas ketika Ferdy Sambo dan Bharada E menembak mati Yosua Hutabarat pada 8 Juli 2022 lalu.  

TRIBUN-MEDAN.com - Ricky Rizal menjadi terdakwa kontroversial dalam perkara pembunuhan Yosua Hutabarat. Ricky sempat mengaku bersembunyi di balik kulkas ketika Ferdy Sambo dan Bharada E menembak mati Yosua Hutabarat pada 8 Juli 2022 lalu. 

Ternyata setelah dilakukan penyelidikan oleh Timsus Mabes Polri, Ricky Rizal mengetahui adanya rencana pembunuhan. Timsus membongkar skenario semua terdakwa dan menyatakan Yosua bukan tewas akibat tembak menembak melainkan ditembak mati.  

Kini Ricky Rizal mengaku mengikuti semua skenario yang disusun Ferdy Sambo soal insiden tewasnya Yosua.

Pengakuan itu disampaikan Ricky saat dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) sebagai saksi dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

Ricky bersaksi untuk terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada Eliezer dan Kuat Maruf.

Hal itu bermula saat Majelis Hakim PN Jakarta Selatan Wahyu Iman Santosa menilai janggal seluruh kesaksian yang disampaikan Ricky.

Majelis hakim menyatakan, keterangan Ricky di persidangan tidak masuk akal, bahkan sejak seluruh keluarga Ferdy Sambo dan Ricky keluar dari rumah Magelang.

"Dari peristiwa saudara meninggalkan rumah Magelang sampai di rumah Saguling, itu cerita saudara sudah tidak masuk di akal," kata Hakim Wahyu dalam persidangan.

Kesaksian Ricky menurut majelis hakim, hanya sebagai upaya untuk melepaskan diri dari jerat hukum.

Padahal kata Hakim Wahyu, dirinya memahami betul kapan Ricky Rizal menyampaikan hal yang tidak sesuai dengan fakta.

"Kami mengingatkan keterangan saksi-saksi lain. Saudara ini hanya bersaksi untuk mereka berdua. Tapi seolah-olah saudara ingin saudara tidak terlibat, saudara nggak tahu apa-apa," tegas hakim.

Atas hal itu, lantas Hakim Wahyu mencecar Ricky Rizal untuk menanyakan perihal pengetahuannya soal skenario yang disusun Ferdy Sambo.

Kepada majelis hakim, Ricky menyebut kalau dirinya mengetahui hal tersebut dan berkata turut terlibat.

"Saudara ngomong ga tau apa-apa. Kalau saudara ngomong kaya gitu seharusnya dari awal, saudara ngaku 'Ini loh faktanya seperti ini, tapi kan saudara ikut membuat skenario ini, bener nggak?" tanya hakim Wahyu.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved