Breaking News:

News Video

Penampakan Desa Sumberwuluh Tertimbun Material Vulkanik Gunung Semeru, Titik Lokasi Paling Parah

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan bahwa ada dua desa yang statusnya paling parah, Desa Sumberwuluh dan Supiturang.

Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.COM - Dusun Kajarkuning, Desa Sumberwuluh menjadi salah satu titik lokasi paling parah terdampak erupsi Gunung Semeru, Minggu (4/12/22). Permukiman warga tampak tertimbun oleh material vulkanik.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan bahwa ada dua desa yang statusnya paling parah, Desa Sumberwuluh dan Supiturang.

Sementara pantauan di lokasi dari salah seorang sumber Atok, menjelaskan Dusun Kajarkuning saat ini telah tertimbun material vulkanik berupa lahar dan lumpur.

Sementara Sekertaris Desa Sumberwuluh Samsul Arif saat dikonfirmasi, membenarkan kondisi terkini di Dusun Kajarkuning yang ada di Desanya.

Kondisi rumah waga yang ada di kawasan Dusun Kajarkuning saat ini tertimbun lumpur lahar.

Diketahui, Enam warga desa diantaranya Desa Sumbersari, Desa Supiturang, Desa Oro-oro, Desa Sumberwuluh, Desa Bulam Manggis, dan Desa Kajar Kuning perlahan mulai memadati kawasan pengungsian.

Enam desa itu, berada di radius 7 kilometer dari kaki Gunung Semeru.

Terkini, enam desa itu telah dilakukan pengosongan oleh petugas, beberapa juga melakukan penyelamatan diri secara mandiri.

Menurut Ketua Relawan Kaki Gunung Semeru Nur Kholis, titik pengungsian sementara ini telah aman. Karena berada di radius 23 kilometer dari kaki Gunung Semeru.

Selain bahaya awan panas, di radius 7 kilometer dari kaki gunung semeru saat ini juga mulai tercium aroma belerang.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved