Materi Belajar

Materi Belajar: Pengertian Sintesis Protein, Proses & Langkah dan Tujuan Sintesis Protein

Pengertian Sintesis Protein , proses, langkah-langkah, dan tujuan sintesis protein dijelaskan secara lengkap dalam mata pelajaran Biologi di bawah ini

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: Royandi Hutasoit
Ho / Tribun
Pengertian Sintesis Protein, Proses & Langkah dan Tujuan Sintesis Protein 

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN - Pengertian Sintesis Protein , proses, langkah-langkah, dan tujuan sintesis protein dijelaskan secara lengkap dalam mata pelajaran Biologi di bawah ini.

Sintesis protein adalah proses pembentukan partikel protein dalam biologi molekuler yang melibatkan sintesis RNA di bawah pengaruh DNA. Artinya, asam amino tersusun secara linier menjadi protein melalui keterlibatan RNA ribosom, RNA transfer, RNA, dan berbagai enzim.

Pengertian sintesis protein

Sintesis protein adalah proses di mana sel-sel individu berkumpul untuk membentuk protein. Istilah ini dapat kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari ketika kita sedang bertahan hidup, yaitu makan. Makanan yang dimakan sudah pasti dicerna oleh sistem pencernaan dan diolah menjadi energi oleh tubuh manusia. Ada istilah yang disebut sintesis protein selama proses pencernaan.

Proses dan tahapan sintesis protein

Di bawah ini adalah berbagai proses dan tahapan sintesis protein dalam tubuh organisme hidup, antara lain:

1. Replikasi DNA

Tentu saja semua sel akan mengalami pembelahan dalam tubuh makhluk hidup. Ketika pembelahan sel ini terjadi, ia dapat membelah menjadi kelipatan. Namun, sebelum sel membelah, terjadi proses penggandaan partikel intraseluler, salah satunya adalah DNA.

Penggandaan DNA disebut replikasi. Jadi, replikasi adalah proses sintesis DNA baru yang terjadi di dalam nukleus dengan bantuan enzim helikase yang berfungsi untuk memutuskan ikatan hidrogen dengan basa yang terdapat pada sekuens DNA tersebut.

2. Transkripsi

Transkripsi adalah tahap dimana DNA melepaskan kode genetik yang berasal dari DNA itu sendiri untuk membentuk RNA. Pada tahap ini, tiga jenis RNA diproduksi: mRNA, tRNA, dan rRNA. Langkah ini terjadi di sitoplasma sebagai proses awal pembukaan untaian ganda yang sudah dimiliki DNA dengan bantuan enzim RNSA polimerase.

Pada langkah ini juga diperoleh satu rantai tunggal yang berfungsi sebagai rantai indera, dan rantai lain yang berasal dari pasangan DNA disebut rantai antisense. Proses transkripsi itu sendiri dibagi menjadi tiga tahap: inisiasi, pemanjangan dan terminasi.

3. Translasi

Translasi adalah proses penerjemahan kode kodon yang berasal dari mRNA (mRNA) menjadi asam amino untuk membentuk protein. Setiap urutan basa nitrogen yang berbeda diterjemahkan menjadi asam amino yang berbeda. Contohnya adalah asam amino fenilalanin yang merupakan terjemahan dari glisin (CGC), asam amino serin (UCA), dan asam amino triptofan (UGG).

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved