Breaking News:

QRIS

Pengguna QRIS Sumut Sudah Capai 957 Ribu, Nominal Transaksi Capai Rp 300 Miliar

Jika dilihat berdasarkan daerah penyebaran QRIS, Kota Medan dan Deliserdang cukup mendominasi dalam penggunaan transaksi digitalnya. 

HO
ILUSTRASI Scan Barcode Qris. Bank Indonesia telah mengimplementasikan penuh quick response code indeonesian standard (QRIS) dengan Thailand.     

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengguna baru QRIS di Sumut terus naik yang kini sudah mencapai 957.856 orang hingga Oktober 2022. Jumlah ini mendekati target 980 ribu pada tahun 2022. 

"Pengguna baru QRIS di Sumatra Utara mencapai 957.856 orang atau 97,74 persen dari 980.000 pengguna baru yang ditargetkan," ungkap Kepala BI Kpw Sumut Doddy Zulverdi, Selasa (6/12/2022).

Sementara itu, jumlah merchant QRIS saat ini berjumlah 922 ribu merchant pada Oktober 2022. Jumlah ini naik dari sebelumnya 911 ribu merchant pada September 2022. 

"Penambahan merchant QRIS di periode Oktober 2022 menunjukkan angka 922 ribu. Hal ini harapannya dapat mendukung kematangan ekosistem digital Sumatera Utara kedepannya," ujarnya. 

Jika dilihat berdasarkan daerah penyebaran QRIS, Kota Medan dan Deliserdang cukup mendominasi dalam penggunaan transaksi digitalnya. 

Tercatat, jumlah merchant QRIS di Kota Medan hingga Oktober 2022 sebesar 418.589 merchant, kemudian disusul oleh Deliserdang sebanyak 123.212 merchant. 

Baca juga: Pengguna QRIS di Sumut Capai 770 Ribu, Berikut 4 Daerah dengan Pengguna Terbanyak

"Penyebaran merchant QRIS berpusat pada kota besar yang telah memiliki jaringan infrastruktur yang memadai seperti Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang," tutur Doddy.

Kemudian, Transaksi QRIS di Sumut juga mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari jumlah transaksi pada triwulan II sebanyak 3,5 juta transaksi dengan nominal transaksi sebesar Rp 300 miliar. Nominal transaksi naik dibanding triwulan sebelumnya sebesar Rp 239 miliar.

Para pedagang juga turut banyak menggunakan QRIS untuk melakukan transaksi. Diantaranya ada Ria, pelaku UMKM kuliner asal Kota Medan.

Ia menyebutkan penggunaan transaksi QRIS cukup banyak diminati.

"Banyak juga yang pake QRIS kalau makan disini karena kan ada banyak promo sama potongan misalnya Gopay kan sering diskon. Terus kalau kita juga tidak usah repot cari kembalian dan lebih praktis juga," pungkasnya.

(cr9/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved