Aktivitas Ekonomi di Tanjungbalai Terus Alami Peningkatan

Pencapaian kinerja PDRB Kota Tanjungbalai selama 2016-2020 atas dasar harga berlaku mengalami peningkatan sebesar Rp Rp 2,46 triliun.

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Pencapaian kinerja Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Tanjungbalai selama 2016-2020 atas dasar harga berlaku mengalami peningkatan sebesar Rp 2,46 triliun. 

TRIBUN-MEDAN.com, TANJUNGBALAI - Berdasarkan data BPS Tanjungbalai capaian keberhasilan pembangunan di Kota Tanjungbalai dapat dilihat dari indikator makro ekonomi.

Dan kesejahteraan rakyat melalui angka pertumbuhan ekonomi yang sejak tahun 2016 sampai 2020 mengalami trend naik turun.

Trend tersebut dapat terjadi karena dipengaruhi oleh besaran pendapatan yang diperoleh masyarakat serta perkembangan dari seluruh sektor usaha yang memberikan distribusi dalam pertumbuhan ekonomi.

Perkembangan jumlah penduduk dan tumbuhnya usaha modern seperti bisnis online turut memberikan andil meningkatnya aktivitas ekonomi di Tanjungbalai.

Pertumbuhan ekonomi Kota dari 2016 sampai 2020 yakni 5,76; 5,51; 5,77; 5,79 dan 0,47 pada 2020.

Pencapaian kinerja Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Tanjungbalai selama 2016-2020 atas dasar harga berlaku mengalami peningkatan sebesar Rp 2,46 triliun.

Sebelumnya pada 2016 PDRB Tanjungbalai Rp 5,72 triliun dan pada 2020 menjadi Rp 9,18 triliun.

Kemudian Angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai indikator peningkatan kualitas sumberdaya manusia juga meningkat, dari 68,65 persen pada tahun 2020 menjadi 68,94 persen pada 2021.

Selain itu, keberhasilan pembangunan di Kota Tanjungbalai tentunya sangat membutuhkan dukungan investasi.

"Dalam berbagai pertemuan saya senantiasa disampaikan kepada stakeholder dan pengusaha bagaimana meningkatkan iklim investasi yang baik, mengajak para investor mengembangkan usahanya di Kota Tanjungbalai," ujarnya.

Bila semakin banyak investor yang berinvestasi di Tanjungbalai akan menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Kita patut bersyukur dengan prestasi pembangunan tersebut, maka berbagai program di berbagai sektor yang sedang berjalan akan terus kita lanjutkan dan dituntaskan sesuai dengan target yang ada hingga masa jabatan nantinya. Seiring dengan itu, kita berharap pertumbuhan ekonomi semakin meningkat, terbangunnya infrastruktur, kian membaiknya pelayanan dan pemenuhan kebutuhan dasar, berkurangnya pengangguran dan angka kemiskinan serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Oleh sebab itu, sinergitas dan kerjasama sangat dibutuhkan guna membangun dan mewujudkan cita-cita pembangunan Kota Tanjungbalai. Apalagi, Kota Tanjungbalai letaknya sangat strategis, sehingga menjadi perhatian daerah lain untuk datang ke Kota Tanjungbalai, baik untuk berinvestasi, mencari lapangan kerja maupun menimba ilmu.

“Tentunya daerah ini merupakan barometer bagi kabupaten/kota lainnya, karena ini sangat mempengaruhi ekonomi Kota Tanjungbalai. Untuk itu, Pemerintah Kota Tanjungbalai selalu siap mendukung dan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menjadikan kota ini lebih baik di masa yang akan datang. Kota Tanjungbalai disebut juga Kota Kerang akan memasuki usia ke-402 Tahun 2022," ungkapnya.

(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved