Viral Medsos

Inilah Sosok PNS yang Tertinggi Gajinya di Indonesia, Melebihi Gaji Presiden Jokowi

Menteri Keuangan (Meneku) Sri Mulyani Indrawati resmi melantik Suryo Utomo menjadi Direktur Jenderal Pajak. 

Editor: Abdi Tumanggor
HO
Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak, Suryo Utomo 

TRIBUN-MEDAN.COM - Inilah Sosok PNS yang Tersebesar Gajinya di Indonesia, Melebihi Gaji Presiden RI.

Pada Jumat (1/11/2019) lalu, Menteri Keuangan (Meneku) Sri Mulyani Indrawati resmi melantik Suryo Utomo menjadi Direktur Jenderal Pajak.  Suryo ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi) untuk menggantikan posisi Robert Pakpahan yang telah memasuki masa purna tugas per Kamis (10/10/2019).

Di jabatannya yang baru ini, Sri Mulyani mengatakan tugas Suryo sangat berat. Pasalnya, sebagai seorang kepala institusi perpajakan, Suryo mengemban beban untuk mengelola 70 persen penerimanaan negara yang berasal dari perpajakan. Saya tidak memilih kata tidak ringan, tetapi sangat berat, karena 70 persen penerimaan APBN kita untuk mendukung seluruh aktifitas RI berasal dari Direktorat Jenderal Pajak," ujar Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menilai, rekam jejak Suryo cukup menjanjikan untuk bisa menggantikan Robert Pakpahan yang kinerjanya dia anggap sangat baik. Suryo sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Kepatuhan Pajak.

Mengawali karir Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai pelaksana di Kementerian Keuangan pada tahun 1993 di Sekretariat Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Pajak. Pernah menjabat sebagai Kepala Seksi PPN Industri pada tahun 1998, sebagai Kepala Seksi Pajak Penghasilan Badan pada tahun 2002.

Pada tahun yang sama, Suryo dipromosikan menjadi Kepala Subdirektorat Pertambahan Nilai Industri. Empat tahun berselang, ia menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Tiga, 2008 menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu.

Pada 28 Maret 2009 dipromosikan menjadi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengan I, tahun 2010 menjadi Direktur Peraturan Perpajakan I, 31 Maret 2015 menjadi Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian. Surto lahir di Semarang pada tanggal 26 Maret 1969.

Menempuh pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Diponegoro. Gelarnya diraih pada tahun 1992. Melanjutkan pendidikan Master of Business Taxation di University of Southern California, Amerika Serikat dan mendapatkan gelarnya pada tahun 1998.

Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani (Youtube Deddy Corbuzier)

Sudah bergaji besar, namun masih tergiur karena Hal Ini. . .

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo buka-bukaan ihwal pendapatannya sebagai orang nomor satu di institusi pengumpul pajak Indonesia.

Menurut Suryo, ia merupakan aparatur sipil negara (ASN) dengan bayaran termahal di Indonesia. Jajaran di bawahnya pun merupakan PNS dengan gaji terbesar.

"Saya ini ASN yang paling mahal bayarannya di Indonesia," kata Suryo dalam acara Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2022 seperti dikutip Rabu (7/12/2022).

Suryo mengungkapkan hal ini untuk menjadi contoh besarnya beban seorang pegawai pajak untuk menegakkan integritas dan profesionalitas dalam bekerja.

Dengan bayaran sebesar itu pun dia mengaku masih ngiler saat melihat penerimaan pajak yang sangat besar.

Hingga saat ini penerimaan pajak kata dia sudah mencapai Rp 1.580 triliun. "Kalau kita lihat dengan hampir Rp 1.600 triliun yang akan kita dapatkan sampai dengan hari ini apa enggak ngiler? ngiler pak, Rp 1.600 triliun dibanding gaji saya berapa," tutur Suryo.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved