Sidang Ferdy Sambo

Kata Ferdy Sambo Soal Pemerkosaan Putri Candrawathi: Dia Hempaskan Istri Saya, Kenapa Yosua Berani?

Dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada Eli

Editor: Liska Rahayu
kompas tv
Ferdy Sambo menjadi saksi untuk terdakwa Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf di persidangan perkara pembunuhan berencana Brigadir J, Rabu (7/12/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com - Dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf.

Dalam keterangannya, sambil menahan air matanya, Ferdy Sambo menjelaskan bagaimana istrinya, Putri Candrawathi diperkosa oleh Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Dalam persidangan, Ferdy Sambo yang hadir sebagai saksi mengaku kaget dan tidak bisa mengendalikan emosi saat mendengar detail perlakuan Brigadir J terhadap istrinya.

“Saya kaget yang mulia, karena saya tidak berpikir akan sefatal itu kejadiannya yang mulia, seandainya saya diceritakan semalam pasti saya akan lakukan upaya untuk mengamankan istri saya,” ucap Ferdy Sambo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022).

Ferdy Sambo berdasarkan keterangan Putri Candrawathi membeberkan, Brigadir J atau Yosua melakukan perkosaan dengan ancaman pada istrinya yang ketika itu dalam keadaan sakit.

Baca juga: Ferdy Sambo Klaim Putri Candrawathi Diperkosa Yosua, Kesaksian Bharada E Dibilang Cuma Ngarang

Baca juga: Dihadirkan Sebagai Saksi, Ferdy Sambo dan Bhadara E akan Berhadapan Langsung di Sidang Hari Ini

“Kemudian dia melakukan perkosaan yang mulia, kemudian dia mengancam juga dan menghempaskan istri saya, saya tidak kuat mendengarkan cerita istri saya yang mulia, dia menangis waktu itu, saya emosi sekali yang mulia,” kata Ferdy Sambo.

“Saya tidak berpikir ini akan terjadi pada istri saya yang mulia. Saya tidak bisa berkata apa-apa mendengar penjelasan istri saya, dia terus menangis kemudian menyampaikan, kenapa Yosua berani seperti itu kepada istri saya.”

Masih berdasar keterangan Putri Candrawathi, Ferdy Sambo mengatakan istrinya sudah sempat memanggil Brigadir J atau Yosua pasca-perkosaan yang dialaminya.

Ferdy Sambo menjadi saksi untuk terdakwa Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf di persidangan perkara pembunuhan berencana Brigadir J, Rabu (7/12/2022).
Ferdy Sambo menjadi saksi untuk terdakwa Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf di persidangan perkara pembunuhan berencana Brigadir J, Rabu (7/12/2022). (kompas tv)

“Ini merupakan pukulan berat untuk saya, seorang pejabat Polri yang istrinya diperlakukan seperti itu yang mulia,” ujar Ferdy Sambo.

Dalam keterangan yang disampaikan, Ferdy Sambo mengungkapkan dirinya juga sempat bertanya kepada Putri Candrawathi soal siapa saja yang tahu tentang peristiwa tersebut.

Namun, kata Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menyampaikan belum ada ajudan yang tahu perihal perbuatan yang dilakukan Yosua terhadap istrinya.

Saksi Susanto: Ferdy Sambo Tega Hancurkan Karier Saya!

Kepala Bagian Penegakan Hukum Provos Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Kombes Susanto Haris tak kuasa menahan amarah saat menceritakan Ferdy Sambo telah menghancurkan kariernya yang telah dibangun puluhan tahun.

Mulanya, hakim ketua Wahyu Iman Santoso bertanya apakah Susanto turut ditempatkan dalam tempat khusus (dipatsus) dan disidang kode etik terkait kasus ini. Susanto membenarkan itu.

"Patsus 29 hari dan demosi 3 tahun," kata Susanto.

"Saudara tidak dijadikan tersangka dalam terdakwa dalam perkara ini?" tanya hakim.

"Siap, tidak," jawab Susanto.

Susanto mengaku kecewa, marah, dan kesal karena tak menyangka Ferdy Sambo yang merupakan seorang jenderal tega membohongi dirinya. Dengan suara bergetar, Susanto menyebut Sambo telah menghancurkan kariernya yang dibangun puluhan tahun.

(*/Tribun-Medan.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved