Breaking News:

Materi Belajar

Materi Belajar : Langkah-langkah Penulisan Surat Lamaran Kerja

Dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia ini akan dibahas secara lengkap tentang bagaimana cara penulisan surat lamaran kerja.

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: Royandi Hutasoit
Ho / Tribun
Langkah-langkah Penulisan Surat Lamaran Kerja 

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN - Dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia ini akan dibahas secara lengkap tentang bagaimana cara penulisan surat lamaran kerja.

Jika membuat surat lamaran kerja ada tujuh langkah-langkahnya. Berikut langkah penulisan surat lamaran kerja.

1. Tempat dan tanggal  pembuatan surat

Anda bisa menuliskan tempat dan tanggal lamaran di pojok kanan atas.

Tangerang Selatan, 14 Oktober 2020

Nama tempat dan bulan selalu diawali dengan huruf kapital. Notasi antara letak dan tanggal surat juga dipisahkan dengan tanda koma (,).

2. Alamat perusahaan

Lalu, di pojok kiri bawah, tulis nama penerima dan alamat lengkap perusahaan yang Anda tuju. Oleh karena itu, nama penerima dapat ditulis sebagai "Bapak/Ibu" jika Anda tidak mengetahui nama HRD tersebut. Sebagai contoh:

Yth. Bapak/Ibu HRD PT Ruang Raya Indonesia

Jalan Tebet Barat Dalam Raya No. 22, Jakarta Selatan

Anda harus tahu di sini bahwa Anda dapat menggunakan "Yth." jika surat ini ditujukan untuk subjek tertentu. Namun, untuk perusahaan tanpa subjek khusus, gunakan "To". Jadi jangan gunakan keduanya, untuk “PT” tidak perlu diikuti titik (.).

3. Salam dan pembuka surat

Salam biasanya ditulis dengan kalimat “Dengan hormat”. Sementara itu, Anda bisa mengisi pembuka surat dengan kata pengantar. Anda biasanya dapat menjelaskan dari mana Anda mendapatkan informasi tentang posisi terbuka dan posisi yang telah Anda pilih. Misalnya,

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang disebarkan melalui website Jobstreet, saya ingin melamar posisi di bagian humas perusahaan yang dipimpin Bapak/Ibu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved