Breaking News:

Materi Belajar

Materi Belajar: Jenis - jenis dan Contoh-contoh Badan Usaha Ekonomi di Indonesia

Jenis-jenis dan contoh-contoh badan usaha ekonomi di Indonesia menjadi bahan bahasan pada topik ilmu ekonomi yang akan dijelaskan pada materi berikut.

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: Royandi Hutasoit
Ho / Tribun
Jenis - jenis dan Contoh-contoh Badan Usaha Ekonomi di Indonesia 

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN - Jenis-jenis dan contoh-contoh badan usaha ekonomi di Indonesia menjadi bahan bahasan pada topik ilmu ekonomi yang akan dijelaskan pada materi berikut ini.

Manusia di dunia ini memiliki banyak kebutuhan, dan kemampuannya sangat terbatas karena keberadaan alam sebagai sumber pemenuhan kebutuhan manusia. Kemudian tentu saja manusia bekerja keras untuk memenuhi kebutuhannya, dan itu mendorong kegiatan ekonomi.

Jenis Usaha Ekonomi

Indonesia tentunya memiliki berbagai macam usaha ekonomi yang memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai jenis usaha ekonomi di Indonesia meliputi:

Pertanian

Pertanian adalah usaha mencari hasil pertanian dengan membuka lahan dan menanam tanaman yang bermanfaat. Tanaman yang ditanam antara lain padi, jagung, ubi kayu, kelapa sawit, cengkeh, pala, kopi dan teh. Hasil bumi tentunya dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia.

Upaya peningkatan hasil pertanian dapat dilakukan dengan empat cara:

- Intensifikasi

- Ekstensifikasi

- Diversifikasi

- Rehabilitasi

Perkebunan

Perkebunan adalah usaha pengolahan tanah yang terdiri dari dua jenis yaitu perkebunan kecil dan perkebunan besar. Perkebunan besar, seperti perkebunan karet, kelapa sawit, dan tebu, biasanya dikuasai pemerintah dan ditargetkan untuk diekspor sehingga orang Indonesia dapat menghasilkan devisa melalui ekspor.

Peternakan

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved