Sumut Terkini

Penampakan Pohon Natal Raksasa di Siantar, Kini Aktif Kembali, Terangi Momen Natal & Tahun Baru 2023

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Siantar mengaktifkan pohon ratal raksasa di Jalan Gereja, Kelurahan Kristen.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ALIJA
Pohon Natal Raksasa kembali diaktifkan meriahkan Natal dan Tahun Baru 2023 di Kota Siantar, Jumat (9/12/2022) 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR- Apa yang ditunggu-tunggu masyarakat pada momen Natal 25 Desember 2022 dan Tahun Baru 2023 akhirnya terjawab.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Siantar mengaktifkan pohon ratal raksasa di Jalan Gereja, Kelurahan Kristen, Kecamatan Siantar, setelah serangkaian perbaikan.

Plt Kadiskominfo Johannes Sihombing bersama Kabid Kawasan Permukiman pada Dinas Perkim Kota Siantar, Juang Sijabat mengawasi langsung pengaktifan kembali lampu hias berbentuk Pohon Natal tersebut bersama jajaran tenaga teknisi.

Baca juga: KPU Siantar Gelar Rapat Pleno, Bahas Hasil Perbaikan Verfak Enam Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Juang Sijabat menyampaikan, lampu hias berbentuk pohon natal ini baru dikerjakan mengingat kondisinya sempat mengalami kerusakkan akibat puting beliung beberapa waktu lalu.

“Di paling atas nanti dipasangi bintang. Ini prosesnya ini sudah tiga hari kita perbaiki. Sekarang inilah mulainya hidup. Di hari pertama, kita memperbaiki besi-besi yang sudah patah. Dan inilah progres di hari ketiga,” kata Juang.

Lanjut Juang, lampu akan aktif mulai hari ini Jumat (9/12/2022) malam sampai Januari 2023.  Lampu akan hidup setiap malam dengan mekanisme setiap satu jam hidup, akan redup selama 10 menit, dan kembali aktif satu jam seterusnya sepanjang malam. 

“Ada switch off setelah 1 jam lampu istirahat 10 menit,” jelas Juang bahwa lampu ini menggunakan daya listrik sebesar 19.500 Watt. 

Juang menyampaikan, ada beberapa bagian yang belum dipasangi pada pohon Natal setinggi 39,5 meter tersebut mengingat barangnya harus dibeli dari Medan, seperti bintang utama di puncak dan 48 lampu meteor. Adapun jenis lampu lain yang sudah dipasangi yaitu 48 lampu pijar, 35 ornamen lampu bintang. 

Baca juga: Akhirnya Pohon Natal Raksasa Diaktifkan, Terangi Momen Natal dan Tahun Baru 2023 di Kota Siantar

Plt Kadis Kominfo Johannes Sihombing menyampaikan, Sabtu (9/12/2022) besok, seluruh lampu akan dipasangi pada pohon Natal Siantar untuk memperindah momen Natal dan Tahun Baru 2023.

“Progresnya sudah terlihat ini. Finishing tinggal di bintang yang ada di puncak. Bahwa besok semuanya sudah aktif,” kata Johannes.

Johannes juga menyampaikan bahwa selain mengaktifkan lampu pohon Natal raksasa, sedikitnya ada enam titik di Kota Siantar akan dihiasi lampu-lampu menarik sepanjang Nataru. Lokasinya yakni Jalan Adam Malik, Jalan Parapat (Depan Masjid) Perbatasan Simalungun, Jalan Sutomo (Depan Balai Kota), Makam Pahlawan, Jalan Sangnaualuh (Simp Sambo) serta Jalan Sidamanik.

(Alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved