Breaking News:

Berita Medan

RESMI, UMK Kota Medan Tahun 2023 Naik 7,2 Persen

Kepala Dinas Ketenagakerjaan  (Disnaker) Kota Medan  Candra Ilyan Simbolon menyatakan bahwa kenaikan Upah Minimun Kota (UMK) resmi naik sebesar 7,2

Penulis: Anisa Rahmadani | Editor: Royandi Hutasoit
HO/Tribun Medan
ILUSTRASI, Kenaikan UMP 2023 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kepala Dinas Ketenagakerjaan  (Disnaker) Kota Medan  Candra Ilyan Simbolon menyatakan bahwa kenaikan Upah Minimun Kota (UMK)   resmi naik sebesar 7,2 persen. 

Dijelaskan Candra bahwa hal tersebut sudah disahkan dan disetujui oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada 7 Desember 2022 lalu. Dikatakan Candra bahwa UMK terbesar dari tingkat  Kabupaten dan Kota adalah Medan. 

"Benar kemarin sudah diresmikan dan disetujui oleh Gubernur Sumut pada 7 Desember 2022 lalu," jelasnya saat dikonfirmasi siang ini, Jumat (9/12/2022).

Untuk surat keputusannya pun kata Candra sudah dikeluarkan dengan nomor 188.44/1018/KPTS/2022 tentang penetapan upah minimum Kota Medan. 

Dalam surat keputusan tersebut UMK yang berlaku di tahun 2023 ini kata Candra berlaku untuk beberapa golongan. 

"Isi putusannya  yang ditetapkan pada bagian ketiga itu bahwa UMK ini merupakan upah terendah dan hanya berlaku bagi pekerja yang mempunyai masa kerja nol tahun sampai dengan satu tahun," jelasnya.

Sedangkan bagi pekerja yang mempunyai masa kerja satu tahun atau lebih, pengusaha kata Candra dalam putusan SK tersebut wajib memberlakukan ketentuan struktur dan skala upah dan dituangkan dalam pengaturan persyaratan kerja yang berlaku. 

"Berdasarkan rapat awal kata Candra UMK Kota Medan di tahun 2023 sebesar Rp 3.624.117. Kalau tahun 2022 ini UMK Kota Medan Rp 3.370.645 jadi tahun depan meningkat sebesar 7,2 persen," tegasnya

(cr5/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved