Breaking News:

Piala Dunia di Kedai Tok Awang

Siapa Bisa Tahan Laju Messi?

Bagi Lionel Messi, Qatar 2022 menjadi kesempatan terbaik, sekaligus terakhir, untuk menuntaskan ambisi mengangkat tropi Piala Dunia.

Penulis: T. Agus Khaidir | Editor: T. Agus Khaidir
AFP/PEDRO UGARTE
ADANGAN - (Foto Dokumentasi) Pemain Tim Nasional Argentina Lionel Messi (kiri) mencoba melewati adangan pemain Tim Nasional Belanda Jordy Clasie (tengah) dan Daley Blind (paling kanan) pada satu momentum pertandingan babak Semi Final Piala Dunia 2014 di Corinthians Arena, Sao Paulo, Brasil, 9 Juli 2014. Argentina akan bertemu Belanda pada pertandingan babak Perempat Final Piala Dunia 2022 yang digelar Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. 

Argentina akan bertemu Belanda di Piala Dunia dan sorotan tertuju pada –siapa lagi kalau bukan– Lionel Messi. Sang Messiah kembali mencari peruntungannya di Piala Dunia, mengincar satu-satunya tropi yang belum pernah ia raih untuk menyempurnakan karier sepak bolanya yang panjang dan cemerlang.

Messi sekarang 35 tahun. Kecil kemungkinan dia akan kembali datang di perhelatan edisi ke-23 yang digelar keroyokan oleh tiga negara; Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, empat tahun mendatang.

Maka bagi Messi, Qatar 2022 menjadi kesempatan terbaik, sekaligus terakhir, untuk menuntaskan ambisi itu.

Pertanyaannya, sejauh mana potensinya? Di antara negara-negara Eropa lain, Argentina terbilang cukup sering bertemu Belanda di Piala Dunia. Sebelum laga Perempat Final Piala Dunia 2022 yang digelar di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Doha Qatar, Sabtu, 10 Desember dini hari (WIB), kedua negara telah menjalani bentrok lima kali. Masing-masing memenangi dua laga dan satu lainnya yakni pada 9 Juli 2014, berkesudahan imbang.

“Lanjut cakap-cakap kita semalam, kalok aku sebenarnya lebih ingat pertandingan Argentina dan Belanda di tahun 2014, Piala Dunia Brasil. Semi final. Lebih seru, dan ujung-ujungnya penalti. Tragis kali nasib Belanda. Padahal sebelumnya, di perempat final yang sampai penalti jugak, menang orang tu dari Kosta Rika,” kata Jontra Polta.

“Iya, betul, dua orang nggak masuk penaltinya. Salah satunya Sneijder. Argentina masuk semua,” ujar Lek Tuman yang datang ke kedai mengenakan seragam klasik Ajax Amsterdam bertuliskan 'Litmanen' di bagian punggung –walau dia sebenarnya suporter AC Milan. Dalam beberapa kali perbincangan, Lek Tuman bilang ia menukar seragam ini dengan seorang penonton lain yang tidak ia kenal pada akhir pertandingan final Liga Champions 24 Mei 1995.

Masih ada "saksi hidup" keseruan pertandingan malam itu akan kembali saling berhadapan dini hari nanti. Daley Blind dan Stefan de Vrij dari kubu Belanda, dan Lionel Messi dari Argentina.

Sebenarnya ada juga Memphis Depay dan Angel di Maria. Namun Depay hanya duduk di bangku cadangan. Di Maria bahkan tidak masuk line up lantaran cedera yang dialaminya saat kontra Belgia di perempat final.

“Jangan lupa ada jugak pelatihnya,” ucap Pak Udo menimpali. “Masih orang yang sama itu. Eh, asistennya jugak, ya?”

AMATI - (Foto Dokumentasi) Pelatih Kepala Tim Nasional Belanda Louis van Gaal (tengah) bersama kedua asistennya Danny Blind (kiri) dan Patrick Kluivert (kanan) mengamati jalannya pertandingan versus Argentina di babak Semi Final Piala Dunia 2014 di Corinthians Arena, Sao Paulo, Brasil, 9 Juli 2014. Belanda akan bertemu Argentina pada pertandingan babak Perempat Final Piala Dunia 2022 yang digelar Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.
AMATI - (Foto Dokumentasi) Pelatih Kepala Tim Nasional Belanda Louis van Gaal (tengah) bersama kedua asistennya Danny Blind (kiri) dan Patrick Kluivert (kanan) mengamati jalannya pertandingan versus Argentina di babak Semi Final Piala Dunia 2014 di Corinthians Arena, Sao Paulo, Brasil, 9 Juli 2014. Belanda akan bertemu Argentina pada pertandingan babak Perempat Final Piala Dunia 2022 yang digelar Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. (AFP PHOTO/PEDRO UGARTE)

Louis van Gaal menukangi skuat Oranje –julukan Tim Nasional Belanda– di Piala Dunia 2014 (ditunjuk sejak 15 Agustus 2012), dan setelah mundur dan diselingi oleh sedikitnya tujuh pelatih (di antaranya Guus Hiddink, Dick Advocaat, Ronald Koeman, dan Frank de Boer), KNVB [PSSI-nya Belanda] kembali mempekerjakannya sebagai bos timnas pada 23 September 2020.

Uniknya, van Gaal kemudian membawa serta “pasukan tempur kepercayaannya” untuk memperkuat jajaran kepelatihan, yang hampir sama persis dengan kompisisi 2012-2014. Hanya Patrick Kluivert yang tidak ada. Louis van Gaal mengganti tempatnya dengan mantan “muridnya di Ajax, Edgar Davis.

SERIUS - Pelatih Kepala Tim Nasional Belanda Louis Van Gaal (tengah) bersama dua asistennya Edgar Davis (kiri) dan Danny Blind (kanan) menunjukkan gestur serius saat mengamati jalannya pertandingan versus Qatar pada laga babak Penyisihan Grup A di Al-Bayt Stadium, Al Khor, sebelah utara Doha, Qatar, 29 November 2022. Belanda akan bertemu Argentina Belanda akan bertemu Argentina pada pertandingan babak Perempat Final Piala Dunia 2022 yang digelar Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.
SERIUS - Pelatih Kepala Tim Nasional Belanda Louis Van Gaal (tengah) bersama dua asistennya Edgar Davis (kiri) dan Danny Blind (kanan) menunjukkan gestur serius saat mengamati jalannya pertandingan versus Qatar pada laga babak Penyisihan Grup A di Al-Bayt Stadium, Al Khor, sebelah utara Doha, Qatar, 29 November 2022. Belanda akan bertemu Argentina Belanda akan bertemu Argentina pada pertandingan babak Perempat Final Piala Dunia 2022 yang digelar Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. (AFP/Adrian DENNIS)


“Tahun 2014, Belanda kalah dari Argentina. Kurasa sekarang pun gitu. Belanda bagus, rapi, tapi Argentina lebih tajam. Messi sedang on fire. Kalok udah kayak gini, payah cakap, lah. Kurasa yang bisa nahan dia, ya, cumak biniknya,” kata Lek Tuman lalu terkekeh-kekeh.

Messi dalam usia 35 masih meledak-ledak. Masih impresif. Masih sangat dominan. Ia memang tidak lagi banyak berlari seperti di Piala Dunia 2014. Sebaliknya, sejak laga pertama Argentina kontra Arab Saudi sampai babak 16 besar versus Australia, situs-situs pendataan statistik mencatat Messi sebagai pemain yang paling sering berjalan-jalan belaka di lapangan.

Namun fakta ini justru membuat ketakutan terhadap dirinya meningkat. “Orang-orang langsung teringat cakap Pep Guardiola,” ucap Leman Dogol. “Kata Pep, kalok nengok Messi sedang jalan sana jalan sini di lapangan, jangan silap, itu bukan karena dia sedang malas lari, tapi sedang pasang radar. Ibarat kata, digambarnya mana yang lubuk, mana celah untuk dia bisa nyetak gol.”

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    2
    Persija Jakarta
    20
    11
    5
    4
    27
    11
    10
    38
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    20
    11
    3
    6
    26
    14
    8
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved