Cuaca Buruk

Kawasan Danau Toba Kembali Diprediksi Alami Cuaca Buruk Hari Ini

BMKG Silangit kembali memprediksi bahwa kawasan Danau Toba bakal kembali dilanda cuaca buruk

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/Ist
Pengendara melintas diantara pohon tumbang dan tiang listrik yang rubuh akibat cuaca buruk di Huta Sosor Holbung Desa Simanindo Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir baik pengguna jalan, Sabtu (28/11/2020).  

TRIBUN-MEDAN.COM,BALIGE - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Silangit mengimbau masyarakat di sekitar Danau Toba untuk mengantisipasi adanya kemungkinan cuaca buruk.

Menurut Forecaster BMKG Silangit, Andreas Silitonga, kawasan sekitar Danau Toba diprediksi bakal mengalami hujan sedang. 

"Diimbau kepada masyarakat sekitaran Danau Toba untuk  waspada akan potensi hujan sedang disertai petir dan angin kencang. Tetap pantau sosial media BMKG Silangit untuk mendapatkan update kondisi cuaca," ujar Andreas Silitonga, Rabu (21/12/2022). 

Baca juga: BMKG Silangit Prediksi Kawasan Danau Toba Bakal Dilanda Cuaca Buruk

Ia mengatakan, untuk Kabupaten Tapanuli Utara, Toba, Humbang Hasundutan, dan Samosir, pada siang hari diperkirakan cuaca berawan hingga hujan ringan.

"Lalu, malam hari, diperkirakan hujan ringan dan berpotensi hujan sedang di Kabupaten Tapanuli Utara, Toba dan Simalungun," katanya.

Andreas mengatakan, berdasarkan pemantauan BMKG, di Kabupaten Tapanuli Utara, daerah yang diperkirakan akan mengalami cuaca ekstrem adalah Tarutung, Siatas Barita, Sipoholon, Pahae Jae, Simangumban, Siborong-borong, Pagaran, Parmonangan, Sipahutar, Pangaribuan, dan Garoga. 

Baca juga: CUACA BURUK Bakal Melanda Seluruh Wilayah Sumut Mulai Pukul 13.20 WIB

Di Kabupaten Toba, daerah yang diperkirakan alami cuaca ekstrem adalah daerah Borbor. 

Sementara di Kabupaten Humbang Hasundutan, ada sejumlah daerah yang diperkirakan alami cuaca ekstrem, antara lain: Parlilitan, Pollung, Lintong Nihuta, Dolok Sanggul, Sijamapolang, Onan Ganjang, Pakkat, dan Tarabintang. 

"Di abupaten Samosir, daerah yang diperkirakan adalah Harian," pungkasnya. (cr3/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved