Victorindo Group Luncurkan Aquaflow V Series, Pompa Pabrik Kelapa Sawit dengan TKDN Diatas 50 Persen

PT. Victorindo Pratama Mandiri luncurkan model baru dari pompa Aquaflow, kali ini berjenis End Suction Pump dan diberi nama Aquaflow V series.

Editor: Ismail
Dok. Victorindo Group
Victorindo Group kembali meluncurkan model baru dari Pompa Aquaflow berjenis End Suction Pump dengan nama tipe Aquaflow V Series. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Setelah sukses dengan peluncuran peluncuran pompa Aquaflow produksi dalam negeri pada November 2021, kini PT. Victorindo Pratama Mandiri kembali meluncurkan satu model baru untuk menambah varian dari pompa Aquaflow. Model terbaru ini adalah jenis “End Suction Pump” yang kami beri nama tipe Aquaflow V series, dimana pompa ini didesain utamanya untuk segmen palm oil industry atau pabrik kelapa sawit.

Pompa Aquaflow V series ini hadir dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri yang lebih tinggi yaitu 58,95 persen. Sedangkan series sebelumnya TKDN nya baru mencapai angka 26,31 persen. Ini merupakan salah satu pencapaian dari PT Victorindo Pratama Mandiri yang patut diapresiasi, mengingat sebelumnya hampir semua pompa sejenis adalah pompa impor.

Muhammad Nursyahrizal selaku Sales Engineering PT Victorindo Pratama Mandiri menyampaikan "Pompa Aquaflow V Series hadir sebagai salah satu pendukung dari program pemerintah untuk mengutamakan produk dalam negeri, dimana tingkat TKDN nya sudah 58,95 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan produksi Aquaflow sebelumnya yang hanya 26,31 persen".

"Sehubungan dengan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, kami dari PT Victorindo Pratama Mandiri kini memiliki dua seri pompa Aquaflow. Seri terbaru yaitu Aquaflow V series memiliki tiga ukuran dan kedepannya akan dikembangkan menjadi 4 ukuran atau lebih. Sedangkan yang standard series kita saat ini sudah memiliki 10 ukuran pompa," ucap Nursyahrizal.

Sebelum diluncurkan, pompa Aquaflow V series sudah melewati beberapa tahap uji coba. Tahap pertama dilakukan uji coba di fasilitas pump test bed yang ada di PT Victorindo Pratama Mandiri dimana dilakukan stress test untuk menguji daya tahan dari pompa tersebut sekalian juga menguji performa pompa terhadap duty point yang diinginkan.

Pengujian berikutnya dilakukan tes di KSB Indonesia, Cibitung untuk menguji performa duty point dari pompa seperti kapasitas vs head, kapasitas vs power dan pengukuran nilai NPSH dari pompa.

Victorindo Group kembali meluncurkan model baru dari Pompa Aquaflow berjenis End Suction Pump dengan nama tipe Aquaflow V Series.
Victorindo Group kembali meluncurkan model baru dari Pompa Aquaflow berjenis End Suction Pump dengan nama tipe Aquaflow V Series. (Dok. Victorindo Group)

Manager Engineering PT Victorindo Pratama Mandiri, Dedi Susanto, ST mengatakan "Mengapa kami memilih KSB Indonesia sebagai partner kami dalam testing performa pompa, karena selain merupakan principal utama kami, KSB Indonesia memiliki fasilitas pump testbed berstandar internasional ISO. Sehingga diyakinkan bahwa hasil output dari peformance test ini memenuhi standar ISO 9906".

Aquaflow sendiri merupakan pompa yang hak cipta/desain (Intellectual Property) dimiliki oleh PT KSB Indonesia selaku perusahaan principal, sebelum kemudian dialihkan ke PT Victorindo Pratama Mandiri. Sejak tahun 2004, PT Victorindo Pratama Mandiri ditunjuk sebagai authorized dealer untuk produk-produk pompa di Indonesia yang diproduksi oleh KSB.

Secara kualitas, Aquaflow disebutkan memiliki mutu yang lebih baik daripada kompetitornya berdasarkan tes kinerja di PT KSB Indonesia. Pompa yang sudah mengantongi sertifikasi ISO 7005-2 1988E PN16 ini, sangat mumpuni untuk menangani proses produksi yang membutuhkan performa tinggi. 

Victorindo Group kembali meluncurkan model baru dari Pompa Aquaflow berjenis End Suction Pump dengan nama tipe Aquaflow V Series.
Victorindo Group kembali meluncurkan model baru dari Pompa Aquaflow berjenis End Suction Pump dengan nama tipe Aquaflow V Series. (Dok. Victorindo Group)

"Tipe V series ini terdiri dari 3 size yaitu V40-250, V50-250 dan V80-250. Walaupun berbeda size namun banyak komponen memiliki kesamaan untuk ketiga size atau interchangebility seperti shaft, mechanical seal, bearing serta bearing housing dan komponen lainnya, juga desain bearing housing yang sudah menyatu dengan mounting adaptor, sehingga jumlah komponen lebih sedikit, dan akan sangat efisien untuk penghematan cost bagi penggunanya " tutur Dedi Susanto.

Direktur Utama PT Victorindo Pratama Mandiri, Kunaefi Siswady, menambahkan bahwa diharapkan dengan adanya seri terbaru yaitu Aquaflow V series dengan TKDN 58,95 persen (sesuai verifikasi dari PT Surveyor Indonesia) dapat meningkatkan kontribusi produk-produk lokal berkualitas untuk menunjang industri pabrik kelapa sawit di Indonesia, sesuai dengan tagline “Produk Lokal, Standar Global”, dan sebagai produk substitusi untuk pompa impor yang masih banyak dipakai selama ini, dan bisa menjadi pilihan utama bagi pelanggan pabrik kelapa sawit di Indonesia, di samping menghemat devisa negara dengan mengurangi penggunaan barang impor.

(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved